KPU Jatim Beri Perhatian Lebih Pengiriman Logistik ke Sumenep

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

19 Oktober 2023 00:01 19 Okt 2023 00:01

Thumbnail KPU Jatim Beri Perhatian Lebih Pengiriman Logistik ke Sumenep Watermark Ketik
Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk memperlancar pengiriman logistik pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak. Wilayah yang mendapatkan perhatian adalah Kabupaten Sumenep yang wilayahnya terdiri dari banyak pulau.

Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan pada pemilu 2019 lalu untuk logistik pihaknya bekerja sama dengan TNI AL. Pengiriman dilakukan dengan menggunakan kapal agar dapat menjangkau pulau-pulau di Sumenep.

"Wilayah Sumenep menjadi perhatian besar bagi kami, karena wilayahnya banyak pulau-pulau," jelas Choirul Anam, Rabu (18/10/2023).

Untuk pengiriman logistik ke Sumenep rencananya akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pengiriman akan dilakukan setelah proses produksi selesai, dan setelah itu didistribusikan ke gudang-gudang KPU di kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Sekarang masih produksi, paling 1 atau 2 minggu ini baru bisa dikirim ke gudang di kabupaten kota," tambahnya.

Terkait pengiriman KPU masih melihat kondisi di lapangan. Karena wilayah Sumenep yang terdiri dari banyak pulau tentu faktor cuaca menjadi salah satu pertimbangan dalam melakukan pengiriman. Jika cuaca mendukung maka pengririman bisa dilakukan dengan kapal reguler, namun jika sebaliknya maka pengiriman terpaksa menggunakan kapal perang milik TNI AL.

"Ke Sumenep ini kapalnya tentative ya. Kami liat cuaca dulu. Kalo baik yang bisa lewat kapal biasa tapi kalo cuaca buruk ya pake kapal TNI.," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Jatim pemilu2024 pilpres2024 Logistik sumenep