KONI Kota Batu Genjot Atlet untuk Porprov Jatim 2025

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

25 April 2024 11:40 25 Apr 2024 11:40

Thumbnail KONI Kota Batu Genjot Atlet untuk Porprov Jatim 2025 Watermark Ketik
Wakil Ketua KONI Kota Batu, Sumadi. (Foto: Koni Kota Batu)

KETIK, BATU – Kota Batu akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2025 mendatang. Karena itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu terus menggenjot atlet agar berprestasi di ajang 2 tahunan tersebut.

Wakil Ketua KONI Kota Batu, Sumadi berharap agar jumlah atlet Kota Batu peraih medali dalam Porprov Jatim 2025 meningkat. Meski perolehan medali melonjak pada Porprov Jatim 2023 lalu, Sumadi menilai jumlahnya masih minim.

"Sukses bukan hanya mendapatkan medali banyak, tapi sukses jumlah atlet peraih medalinya banyak. Kalau jumlah atlet peraih medali jumlahnya banyak, otomatis jumlah medalinya juga banyak," katanya saat rapat validasi atlet Puslatkot Porprov Jatim 2025 Ring 1 di ruang rapat KONI Kota Batu, Kamis (25/4/2024).

Kontingen Kota Batu berhasil meraih 22 medali emas, 13 medali perak dan 13 medali perunggu dalam Porprov Jatim 2023. Perolehan medali emas tersebut jauh melampaui target yang ditetapkan KONI Kota Batu yakni 15 medali emas. 

"Dibandingkan dengan jumlah atlet peraih porprov sebelumnya, jumlah atlet pada Porprov Jatim 2023 hanya mengalami kenaikan 16 persen saja. Hal ini harus kita analisa sebabnya apa," jelasnya.

Lebih lanjut Sumadi menjelaskan, atlet ring 1 adalah atlet yang meraih medali Porprov 2023. Mereka berjumlah 58 atlet dari 16 cabang olahraga dari 28 cabor peserta porprov.

Enam belas cabor itu adalah gulat, tarung derajat, paralayang, wushu, selam, tinju, MMA, ISSI, perbakin, pordasi, billiar, ESI, tenis lapangan, tenis meja, anggar dan catur.

"Dalam waktu dekat KONI akan menggelar tes fisik untuk atlet ring 1. Untuk Puslatkot Ring 2 akan kita mulai pada bulan Juni mendatang," urai Sumadi.

Sumadi mengatakan, Puslatkot atlet Ring 1 sudah berlangsung sejak bulan Februari 2024 lalu. Hari ini pihaknya melaksanakan validasi untuk melihat performa atlet, pasalnya ada atlet yang ikut seleksi PON, ada juga yang usianya mendekati ambang batas.

"Selama pemusatan latihan, atlet wajib berlatih seminggu 5 kali atau 30 jam per minggunya. para atlet sudah dilengkapi BPJS," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu KONI Kota Batu Porprov Jatim 2025