KKP Tetapkan Desa Sumberdodol Magetan Jadi Smart Fisheries Village

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

6 Mei 2023 08:22 6 Mei 2023 08:22

Thumbnail KKP Tetapkan Desa Sumberdodol Magetan Jadi Smart Fisheries Village Watermark Ketik
Tim dari KKP saat mengunjungi Desa Sumberdodol yang dijadikan Desa Perikanan Pintar karena potensinya yang luar biasa. (Foto: Diskominfo Magetan)

KETIK, MAGETAN – Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Magetan segera bertransformasi menjadi Smart Fisheries Village (SFV) atau Desa Perikanan Cerdas.

Sebab, Balai Besar Riset Sosial Ekonomi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kepincut untuk mengembangkan potensi kampung Koi yang selama ini menjadi unggulan Desa Sumberdodol.

Bahkan konsep pengembangan Desa Sumberdodol sebagai Desa Perikanan Cerdas dipaparkan oleh KKP di depan para pejabat dan undangan di Pendopo Surya Graha Magetan, Jumat (5/5/ 2023).

Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi KKP, Anastasia, menyatakan tinjauan ke Desa Sumberdodol untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengelola kawasan yang memiliki potensi perikanan tinggi.

“Kami melihat di Sumberdodol ini potensinya itu cukup besar, salah satunya adalah ikan hias yang mungkin kompetensi unggulannya adalah ikan koi,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pengembangan Perikanan Bambang Eko mengatakan, Sumberdodol merupakan salah satu potensi perikanan di Kabupaten Magetan yang mendukung sektor pariwisata.

“Memang di sini salah satu potensi perikanan di Kabupaten Magetan yang mendukung pariwisata,” kata Bambang.

Untuk itu lanjut Bambang, Desa Sumberdodol telah ditetapkan sebagai Smart Fisheries Village (FSV) pada tahun 2022 lalu.

Kepala Desa Sumberdodol, Karyono berharap, ke depan desanya bisa menjadi daerah wisata. Untuk itu dirinya menginginkan adanya kerja sama dari pemerintah maupun berbagai pihak terkait.

“Harapannya desa kita bisa menjadi desa wisata, untuk itu bantuan dan kerja sama dari semua sektor kita harapkan, bagi pengembangan perikanan dan wisata desa,” harap Karyono. (*)

Tombol Google News

Tags:

Desa Perikanan Cerdas Magetan Hari Ini Desa Sumberdodol Magetan Desa Penghasil Ikan Koi Kementerian Kelautan dan Perikanan Balai Besar Riset Sosial Ekonomi