Kisah Olivia Tan, Ikut Berbagai Ajang Kecantikan hingga Raih Selempang Miss Charm Indonesia 2023

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

12 Maret 2024 01:15 12 Mar 2024 01:15

Thumbnail Kisah Olivia Tan, Ikut Berbagai Ajang Kecantikan hingga Raih Selempang Miss Charm Indonesia 2023 Watermark Ketik
Olivia Tan, Miss Charm Indonesia 2023 (Foto: Instagram @iam_oliviatan)

KETIK, PONTIANAK – Olivia Aten atau yang lebih dikenal dengan sebutan Olivia Tan, lahir pada 03 Desember 1993 di kota Pontianak di Kalimantan Barat adalah seorang konten kreator, model dan pemegang gelar kontes kecantikan Miss Charm Indonesia 2023.

"Setelah menjadi pemenang dalam ajang kontes kecantikan Miss Global Indonesia tahun 2020 dan juga mewakili Indonesia di ajang Miss Global 2022 yang diselenggarakan di Bali," katanya melalui pesan tertulis, pada Senin (11/03/2024).

Olivia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Hartoyo Jaya Aten asal Kalimantan dan Ester Selawa asal Maluku. Dia memiliki dua adik laki-laki bernama Kelvin Jonathan Aten dan Davin Edbert Aten.

"Pada usia 13 tahun, saya harus meninggalkan orang tua untuk belajar di luar negeri, yaitu kuliah di Sun Yat-sen University di China, University of the West of England di Inggris dan Taylor University di Selangor, Malaysia," ujarnya menambahkan.

Perempuan yang fasih dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia, Melayu, Inggris, Spanyol dan Mandarin ini melakukan debut kontes kecantikannya dengan berpartisipasi dalam kontes kecantikan nasional Miss China Indonesia 2020. 

"Dalam kontes tersebut, saya bisa memenangkan hadiah khusus sebagai Miss Social Media Darling 2020," imbuhnya menyatakan sembari tersenyum manis. 

Di tahun yang sama, Olivia kembali mengikuti kontes kecantikan nasional Miss Global Indonesia 2020 yang diadakan pada 13 September 2020 sebagai perwakilan dari provinsi DKI Jakarta. 

"Nah di akhir kontes, saya berhasil meraih Runner-Up 2 dan mendapatkan penghargaan Miss Social Media," ungkap Dia menuturkan.

Kata Dia, beberapa hari setelah final, Amalia Tambunan dari Sumatera Utara, pemenang Miss Global Indonesia 2020 memutuskan mundur, dan Desy Asnawati dari Kalimantan Barat, runner-Up 1 juga tidak siap menggantikan pemenang. 

"Akhirnya pihak penyelenggara memutuskan dan mengumumkan bahwa saya dinobatkan sebagai pemenang Miss Global Indonesia 2020," bebernya.

Sebagai Miss Global Indonesia 2020, Olivia mewakili Indonesia dalam ajang Miss Global 2021 yang diselenggarakan secara online dengan fasilitas hosting di Bali, Indonesia. 

"Selama kompetisi, saya memenangkan sejumlah penghargaan khusus seperti Miss Goodwill, 10 Besar Miss Fashion, dan 10 Besar Miss Runway," ucap Dia membeberkan.

Lantas dirinya kembali berpartisipasi di bagian selanjutnya dari kontes Miss Global yang diadakan setelah kontes online Miss Global 2021 berakhir. 

"Kontes diadakan pada 11 Juni 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center di Bali, Indonesia. Di akhir kompetisi, saya masuk Top 13 dan memenangkan beberapa penghargaan khusus sebagai Best National Costume, Media Choice Award, dan Miss Charm 2023," tuturnya.

Pada tahun 2023, pemilik akun media sosial Instagram @iam_oliviatan mengikuti kontes kecantikan perdana Miss Charm mewakili Indonesia yang diadakan pada tanggal 17 Februari 2023 di Ho Chi Minh City, Vietnam. 

"Di penghujung kompetisi, saya dinobatkan sebagai runner-up ke-2 dan meraih beberapa penghargaan khusus sebagai Miss Blockcharm dan Miss See Tình," tandasnya.

Tombol Google News

Tags:

Olivia Aten Olivia Cantik Pontianak Miss Charm Indonesia 2023