KIP Launching Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Simeulue

Jurnalis: Helman Gusti Fandaya
Editor: Muhammad Faizin

8 Juli 2024 14:14 8 Jul 2024 14:14

Thumbnail KIP Launching Tahapan Pilkada Serentak 2024 di Simeulue Watermark Ketik
Asisten 3 Pemkab Simeulue, Syafrinudin saat memukul gong peluncuran tahapan Pilkada 2024 yang turut disaksikan unsur Forkopimda (Foto: Helman/ Ketik.co.id)

KETIK, SIMEULUE – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Simeulue resmi meluncurkan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kabupaten Simeulue tahun 2024.

Kegiatan dipusatkan di halaman Pendopo Bupati Simeulue yang digelar Senin (8/7/2024) siang dihadiri Pj. Bupati Simeulue yang diwakili oleh Asisten 3 Sekdakab dan sejumlah unsur Forkopimda, Camat, SKPK, Ketua Parnas, Parlok, PPK, dan PPS serta tamu undangan lainnya. 

"Alhamdulillah, peluncuran Pilkada serentak tahun 2024 berjalan meriah dan sukses sesuai dengan yang direncanakan juga turut hadir Pj Bupati diwakili Asisten 3, unsur Forkopimda, Camat, SKPK, Ketua Parnas, Parlok, PPK, PPS serta tamu dari KIP Aceh Selatan dan KIP Aceh Tenggara," ungkap Plh. Ketua KIP Simeulue Rajian Saleh kepada media Ketik.co.id, Senin (8/7/2024).

Rajian Saleh menjelaskan kegiatan ini sebagai informasi kepada khalayak ramai dan semua sebagai pihak-pihak yang berkepentingan dalam pelaksanaan Pilkada bahwa tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simeulue telah dimulai.

"Kegiatan ini sebagai informasi awal bagi seluruh pihak bahwa kontestasi telah dimulai, dan kabupaten Simeulue telah siap untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah pada 27 November 2024 mendatang" sambungnya.

Rajian Saleh juga mengajak masyarakat kabupaten Simeulue untuk dapat terlibat aktif, dan berpatisipasi pada Rabu, 27 November mendatang, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Simeulue. 

“Dalam rangka mensukseskan Pilkada aman, jujur dan adil, KIP Simeulue berusaha untuk berkomitmen bekerja sungguh-sungguh, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya.

Foto Plh. Ketua KIP Simeulue Rajian Saleh saat menyampaikan Laporan  Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 (Helman/Ketik.co.id)Plh Ketua KIP Simeulue Rajian Saleh saat menyampaikan Laporan Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 (Foto: Helman/Ketik.co.id)

 

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Simeulue membutuhkan pemimpin yang visioner, berintegritas, dan berkomitmen untuk mewujudkan impian dan cita-cita masyarakat demi Simeulue yang lebih maju dan bermartabat

"Partisipasi aktif dari semua pihak sangatlah penting. Keterlibatan kita semua akan menjamin bahwa pemilihan ini berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. Bersama-sama kita bisa menciptakan sebuah proses pemilihan umum dengan baik, damai, bermartabat dan berkesan," pungkasnya. 

Sementara itu, Penjabat Bupati Simeulue melakui Asisten III Bidang Administrasi Umum Syafrinudin, dalam sambutannya menyatakan, mewakili jajaran Pemerintah Kabupaten Simeulue mengucapkan selamat dan juga berterima kasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir, khususnya jajaran partai politik.

"Semoga acara yang terselenggara pada hari ini menjadi sebuah awal yang baik dan semangat baru bagi kita semua, untuk menyukseskan seluruh tahapan Pilkada di Kabupaten Simeulue," ujarnya. 

Lebih lanjut Syafrinudin mengatakan, pelaksanaan pemilu yang pernah dilaksanakan di Simeulue sampai dengan saat ini, selalu berlangsung aman dan damai. Khususnya pada pesta demokrasi yang lalu, pemerintah beserta jajaran penegak hukum dan keamanan berhasil mengawal pemilu damai di Kabupaten Simeulue.

"Untuk itu, kami Pemerintah Kabupaten Simeulue bercita-cita untuk kembali menyukseskan seluruh rangkaian Pilkada yang akan dilaksanakan di Kabupaten Simeulue pada tahun ini," ujarnya. 

Asisten III Bidang Administrasi Umum itu menjelaskan, Pilkada merupakan kewajiban umat secara agama dan negara. Pilkada merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat untuk melakukan penggantian pemimpin secara konstitusional. Pilkada merupakan sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi, dan sarana bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam proses politik. 

Di akhir sambutannya Syafrinudin mengajak semua elemen masyarakat untuk mengenali visi, misi, dan program peserta Pilkada, dan mengenali riwayat hidup calon dan partai politiknya.

Peluncuran Tahapan Pilkada Serentak ditandai dengan pemukulan Gong oleh Asisten III yang turut disaksikan oleh unsur Forkopimda. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Launching Tahapan Pilkada Simeulue KIP Simeulue pilkada serentak Pilkada 2024 Pilkada Simeulue