Khofifah Tekankan Kolaborasi untuk Majukan Sistem Pendidikan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

24 Agustus 2023 16:30 24 Agt 2023 16:30

Thumbnail Khofifah Tekankan Kolaborasi untuk Majukan Sistem Pendidikan Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat meresmikan Sampoerna Academy, Kamis (24/8/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dalam menyiapkan generasi emas 2045, sektor pendidikan merupakan kunci untuk mendapatkan SDM berkualitas dalam menghadapi bonus demografi yang akan didominasi oleh generasi muda. Berangkat dari hal itu, hadirnya fasilitas pendidikan yang mumpuni menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan, pendidikan karakter menjadi hal yang selama ini ditekankan Presiden RI Joko Widodo. Maka, ketika kualitas SDM ditingkatkan melalui muatan science and technology harus dibarengi dengan pembentukan karakter.

"Artinya bangunan karakter itu akan menjadi sesuatu yang intrinsik, jadi bukan hanya academic achievement tapi juga bangunan karakter itu menjadi satu kesatuan," katanya Khofifah saat meresmikan Sampoerna Academy, Kamis (24/8/2023).

Dengan bermunculannya fasilitas pendidikan bertaraf internasional, salah satunya Sampoerna Academy diharapkan dapat mencetak generasi unggul dan siap bersaing di dunia internasional. Selain itu hadirnya Sampoerna Academy agar mampu membantu sekolah di sekitar dengan saling berkolaborasi dalam memajukan dunia pendidikan.

"Semoga ada kebijakan sekolah ini misalnya ada sister school. Jadi anak-anak sudah punya kelas untuk diajak berkolaborasi kemudian berdonasi seperti buku tulis dan alat sekolah dan seterusnya," tambahnya.

Foto Gubernur Khofifah saat memantau proses pembelajaran di Sampoerna Academy, Kamis (24/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah saat memantau proses pembelajaran di Sampoerna Academy, Kamis (24/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Menurut Gubernur Khofifah, hal ini penting untuk mengajarkan kerja kolaboratif sejak dini sehingga akan terbangun dalam diri anak bagaimana menyelesaikan sebuah permasalahan dengan melibatkan orang lain.

"Artinya memang mereka harus mulai diajak bagaimana bersama-sama bergotong royong dan bekerja sama dan itu menjadi bagian yang sangat penting," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Generasi emas 2045 Pendidikan Sampoerna Academy Kolaborasi SDM