Kerahkan Anjing Pelacak, Polres Malang Sterilisasi Gereja Jelang Natal

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

23 Desember 2023 11:05 23 Des 2023 11:05

Thumbnail Kerahkan Anjing Pelacak, Polres Malang Sterilisasi Gereja Jelang Natal Watermark Ketik
Anjing pelacak Polres Malang ketika melakukan sterilisasi Gereja Santa Maria Tak Bernoda jelang perayaan Natal. (Foto : Gumilang/ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Polres Malang mulai melakukan pra sterilisasi gereja jelang perayaan Natal 2023. Gereja Katolik Santa Maria Tak Bernoda, Kepanjen, Kabupaten Malang, menjadi salah satu gereja yang dilakukan sterilisasi, Sabtu (23/12/2023).

Sterilisasi di tempat tersebut melibatkan anjing pelacak K9 dan metal detektor dari Satbrimob. Pengecekan meliputi kendaraan yang keluar masuk, hingga di dalam gereja dan sekitarnya.

Anjing pelacak mengendus satu per satu tempat untuk mencari benda yang mencurigakan. Begitupula dengan anggota Brimob juga melakukan sterilisasi menggunakan metal detector.

Kabagops Polres Malang Kompol M Bagus Kurniawan mengatakan, ada ratusan Gereja di Kabupaten Malang yang diamankan kepolisian pada perayaan Natal kali ini.

Anggota Brimob menggunakan metal detector melakukan sterilisasi gereja Santa Maria Tak Bernoda jelang perayaan Natal. (Foto : Gumilang/ketik.co.id).

"Total jumlah gereja dan tempat ibadah di Malang ada kurang lebih 248. Namun kita skala prioritaskan kepada gereja gereja yang jemaatnya di atas ribu ada 4 gereja dan di atas 500 jemaat ada 9 gereja," ujar Kompol M Bagus Kurniawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, khusus untuk Gereja Katolik Santa Maria Tak Bernoda di Kepanjen, Kabupaten Malang ini akan ada dua kali penyelenggaraan Misa Natal.

"Untuk Gereja Santa Maria Tak Bernoda sendiri ini informasi dari romo besok akan dihadiri kurang lebih 500 sampai dengan 1000 jemaat pada 19:30 malam. Selain besok, Misa Natal juga digelar pada Tanggal 25 pagi hari," jelasnya.

Sedangkan proses sterilisasi kata ia, tidak hanya dilakukan pada hari ini. "Setengah 5 sore besok akan diadakan sterilisasi kembali untuk memastikan bahwa tidak ada gangguan dari keamanan, khususnya terkait benda benda ataupun barang barang yang berbahaya," jelasnya.

Masih kata Kabagops Polres Malang Kompol M Bagus Kurniawan, pengamanan juga diutamakan pada saat Ibadah Natal agar memberikan rasa aman bagi para jemaat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Malang Kabupaten Malang Natal Sterilisasi Gereja Nataru Anjing pelacak