Kendalikan Inflasi Jatim 2023, Khofifah Gelar Rakor HLM

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

20 Februari 2023 14:19 20 Feb 2023 14:19

Thumbnail Kendalikan Inflasi Jatim 2023, Khofifah Gelar Rakor HLM Watermark Ketik
Khofifah ditemani Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur. ( Foto : Husni Habib/ Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Bertempat di Hotel JW Marriott Surabaya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri acara High Level Meeting (HLM) dan Rakor Pengendalian Inflasi bersama Forkopimda Jatim di Ballroom Hotel JW Marriott, Surabaya, Senin (20/2/2023).

Khofifah memaparkan tujuh solusi pengendalian inflasi Jawa Timur tahun 2023. Pihaknya menghadirkan berbagai pejabat FORKOPIMDA Jatim, termasuk Pemkab, Pemkot dan Polres se-Jawa Timur.

Gubernur Khofifah memaparkan satgas pangan harus melakukan sinergi dan koordinasi dengan Gapoktan, PERPADI, Distributor dan Perum BULOG, agar terwujud stabilisasi pasokan dan harga pangan (komoditas beras) di Jatim.

Foto Khofifah memberikan pemaparan mengenai pengendalian inflasi Jatim 2023. (Foto : Husni Habib/ Ketik.co.id)Khofifah memberikan pemaparan mengenai pengendalian inflasi Jatim 2023. (Foto : Husni Habib/ Ketik.co.id)

Selanjutnya, memperkuat fungsi BULOG sebagai penyedia Cadangan Beras Pemerintah (Sebagai CBP, tidak boleh kurang dari 1,2 Juta Ton). Solusi ketiga, secara On-farm, peningkatan ketersediaan pasokan dilakukan dengan menggalakkan masa tanam lebih cepat, serap gabah beras petani, penyusunan pola tanam denga npendekatan teknologi pertanian terpadu, optimalisasi pengamanan produksi.

"Jadi ini adalah solusi yang kami usulkan agar bisa dilakukan bersama sebagai upaya penanganan inflasi di masing-masing daerah di Jatim. Maka sinergi dan peran aktif dari pemkab/pemko, forkopimda, satgas pangan beserta seluruh stakeholder sangat diperlukan," ungkap Gubernur Khofifah. 

"Bagaimana keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif dapat dilakukan khususnya ketika terdapat potensi panic buying pada saat-saat tertentu," tegasnya.

Sebagaimana diketahui pada Januari 2023, inflasi gabungan kota IHK di Jawa Timur sebesar 0,36% (m to m) dan 6,41% (y on y). Dan Kenaikan harga beras pada bulan Januari 2023 terjadi di 8 Kabupaten/Kota di Jawa Timur menjadi salah satu pemicu inflasi. Kenaikan inflasi tahun ini lebih rendah dibanding tahun lalu yakni 6,52% (y on y). 

"Ini disebabkan oleh kenaikan harga BBM sejak September 2022 lalu, serta komoditas beras yang harganya mengalami kenaikan karena pasokan yang terbatas," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim Budi Hanoto mengatakan, Gubernur Khofifah telah melakukan langkah tepat salah satunya operasi pasar beras murah untuk pengendalian inflasi.

Ia juga mengatakan bahwa pada HLM ini dibahas langkah-langkah pengendalian inflasi khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional.

Diantaranya koordinasi yang kuat, sinergi yang kuat, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan pasokannya, dan komunikasi yang bagus agar belanja dengan lebih bijak.

"Tidak jor joran sesuai dengan kebutuhan dan tidak sesuai dengan keinginan. Kemudian tentunya BI dan Pemprov dan seluruhya mendukung semua sinergi ini, dalam menentukan program-program yang lebih detail di level kabupaten kota," ucap Budi Hanoto.(*)

Tombol Google News

Tags:

Inflasi Jawa timur Ekonomi Daya Beli ketahanan pangan