Karhutla Jadi Ancaman di Sumatera Selatan hingga Mengepung Jalan Tol

Jurnalis: Bubun Kurniadi
Editor: Mustopa

22 Agustus 2023 13:40 22 Agt 2023 13:40

Thumbnail Karhutla Jadi Ancaman di Sumatera Selatan hingga Mengepung Jalan Tol Watermark Ketik
Petugas dari Manggala Agni Daops Sumatera Sedang Memadamkan Lahan yang terbakar.

KETIK, PALEMBANG – Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla menjadi ancaman di Sumatera Selatan. Bahkan kebakaran juga merambah ke wilayah perlintasan tol yang berada di wilayah tersebut.

Titik api yang semakin meningkat sejak dua pekan awal bulan Agustus, membuat para petugas yang tergabung di dalam Satgas Karhutla 2023, harus bekerja keras untuk menjinakkan api yang membakar lahan.

Dari informasi yang dihimpun Ketik.co.id,, lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan yang berada di Kecamatan Sukarame, Kota Palembang sempat terbakar hebat hingga berdampak terhadap warga sekitar

Kemudian, lahan gambut yang berada di Kabupaten Ogan Ilir terbakar hebat hingga mengepung jalan tol. Api juga membakar lahan Gambut di wilayah Desa sungai Rambutan Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.

Termasuk di Desa Deling, Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kebakaran juga terjadi di Kayu labu Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang tepat di pinggir Jalan Tol Palembang-Kayu Agung.

"Sudah beberapa wilayah dipadamkan dan saat ini anggota Manggala Agni dan Satgas gabungan pun sedang berupaya memadamkan titik Api yang masih ada," kata Ferdian Kristanto,Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, Selasa (21/8/2023).

Ferdian Kristanto juga mengungkapkan bahwa sumber air kanal masih cukup tersedia untuk digunakan dalam pemadaman dan lahan yang terbakar berupa gambut, secara umum masih ada kepulan asap di tengah lokasi terbakar.

"Tim melakukan pemadaman dari berbagai sisi untuk menghentikan penyebaran lebih luas agar Api bisa dikendalikan dan terlokalisir," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Karhula sumsel lahan terbakar kebakaran