Kamu Wajib Tahu, Ini 5 Hal Penting Sebelum Sewa Vila di Bali

Jurnalis: I Putu Manuaba
Editor: M. Rifat

7 Maret 2023 05:28 7 Mar 2023 05:28

Thumbnail Kamu Wajib Tahu, Ini 5 Hal Penting Sebelum Sewa Vila di Bali Watermark Ketik
Puri Asia Villa di Seminyak. (Foto: Dok.Puri Asia Villa)

KETIK, DENPASAR – Libur Hari Raya Nyepi dan Ramadan segera tiba. Libur bersama tersebut umumnya diikuti dengan meningkatnya okupansi vila di Bali. Untuk mendapatkan vila yang sesuai keinginan, Pendiri Puri Asia Agung Juliarta menyatakan bahwa lima hal di bawah ini merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Dengan demikian, pengalaman tinggal di sebuah vila bersama keluarga dapat menjadi pengalaman yang berkesan.

Pertama, pastikan melakukan pemesanan melalui agen perjalanan atau travel agent lokal. Sebab mereka mampu memberikan penjelasan tentang properti yang akan disewa dengan detail.

Booking melalui travel agent akan memberikan pelayanan yang lebih dibanding dengan pemesanan melalui situs online (OTAs) yang mengharuskan kita membaca dan menganalisa lebih hati-hati,” ujarnya.

Namun hal itu belum cukup. Kedua, Agung menambahkan bahwa langkah selanjutnya adalah memastikan agen perjalanan tersebut memiliki legalitas hukum. Misalnya, memiliki PT, situs web, alamat kantor yang jelas, hingga ulasan dari mantan pengguna layanan atau klien.

Ketiga, meminta data vila dengan lengkap. Misalnya foto atau video asli. Dengan demikian, penyewa dapat melihat secara langsung kondisi vila yang akan digunakan. Hal ini dapat meminimalisir munculnya penyesalan dan memberikan harapan yang sesuai dengan kondisi langsung.

Foto Salah satu fasilitas di Puri Villa di Canggu. (Foto: Dok. Puri Villa)Salah satu fasilitas di Puri Villa di Canggu. (Foto: Dok. Puri Villa)

Keempat adalah pelayanan personal. Agen perjalanan yang baik memiliki komunikasi yang bagus terhadap penyewa atau klien bahkan sejak kedatangan hingga proses check-out. ”Sebab hal ini menunjukkan profesionalitas,” lanjut Agung.

Kelima sekaligus yang terakhir adalah, pastikan melakukan pembayaran ke rekening atas nama perusahaan. Uang muka atau down-payment umumnya kerap dilakukan sebagai tanda jadi penggunaan layanan. “Hindari iming-iming deposit murah oleh oknum yang menggunakan rekening atas nama pribadi,” ucap Agung.

Agung menambahkan, apabila lima hal tersebut dipraktikkan sebelum menyewa vila atau properti untuk liburan, maka liburan di Bali akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Villa liburan bali travel agent Sewa