Kaleidoskop Sepak Bola Indonesia 2023, Emas SEA Games sampai Banjir Naturalisasi era STY Berlanjut

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Mustopa

30 Desember 2023 05:25 30 Des 2023 05:25

Thumbnail Kaleidoskop Sepak Bola Indonesia 2023, Emas SEA Games sampai Banjir Naturalisasi era STY Berlanjut Watermark Ketik
Rafael William Struick dan Ivan Jenner, dua pemain naturalisasi Indonesia setelah resmi menjadi WNI. (Foto: PSSI.org)

KETIK, SURABAYA – Sebagai cabang olahraga paling populer di Indonesia, Sepak Bola Indonesia selalu punya cerita menarik sepanjang tahun.

Yang hangat di 2023 salah satunya banjir naturalisasi pemain untuk timnas di era pelatih Shin Tae-yong (STY) terus bertambah.

Berikut kaleidoskop atau rangkuman peristiwa-peristiwa penting sepak bola Indonesia sepanjang 2023:

Banjir Pemain Naturalisasi Berlanjut

Selain terkenal dengan keberaniannya mengorbitkan pemain-pemain muda ke timnas, sejak melatih Indonesia pada 2019, pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong juga terkenal doyan mengandalkan para pemain naturalisasi.

Program ini dimulai sejak Timnas U20 disiapkan untuk Piala Dunia U20 2021. Saat itu, Elkan Baggott menjadi WNI.

STY kembali menambah tiga pemain untuk persiapan Piala Dunia U20 2023. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner. Selain keempatnya, STY juga sudah lebih dulu menggunakan empat pemain naturalisasi lain di timnas senior yakni Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Selain itu, masih ada dua nama lain yang menyusul menjadi WNI yakni Jay Idzes, Tom Jan Marinus Haye dan Nathan Tjoe-A-On. Hingga saat ini Shin Tae-yong setidaknya sudah menggunakan 10 pemain naturalisasi untuk memperkuat timnas merah putih Indonesia.

Gaya perekrutan pemain timnas era STY seperti ini menimbulkan pro kontra. Di satu sisi, performa timnas memang meningkat. Namun, peluang pemain asli Indonesia menipis untuk tampil di event-event Internasional.

Foto Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: PSSI.org)Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: PSSI.org)

Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

Penantian Indonesia selama 32 tahun meraih medali emas sepak bola SEA Games berakhir pada 16 Mei 2023. Timnas U22 Indonesia berhasil membawa pulang medali emas setelah mengalahkan Thailand secara dramatis dengan skor 5-2 di final sepak bola SEA Games 2023 Kamboja.

Kemenangan tersebut mengakhiri penantian Indonesia yang terakhir kali meraih emas sepak bola SEA Games pada 1991. Timnas U22 Indonesia besutan Indra Sjafri tampil mengesankan sejak fase grup dengan menyapu bersih empat laga dengan kemenangan. 

Piala Dunia U20 Batal

Timnas Indonesia U20 sejatinya menjadi timnas Indonesia pertama yang tampil pada Piala Dunia. Namun, harapan tersebut pupus setelah FIFA pada 30 Maret 2023 mengumumkan pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kejadian itu disebabkan adanya penolakan partisipasi dan kehadiran timnas Israel ke Indonesia. Padahal Indonesia telah menyiapkan diri sebagai tuan rumah sejak 2019. Turnamen itu akhirnya dipindahkan ke Argentina.

Foto Laga Indonesia vs Argentina di GBK Jakarta (19/6/2023). (Foto: PSSI.org)Laga Indonesia vs Argentina di GBK Jakarta (19/6/2023). (Foto: PSSI.org)

Kedatangan Timnas Argentina

Pada 19 Juni 2023 pecinta sepak bola tanah air heboh dengan kehadiran timnas sepak bola ranking 1 dunia Argentina. Juara Piala Dunia 2022 Qatar itu datang ke Gelora Bung Karno Jakarta menghadapi timnas Indonesia dalam laga persahabatan di rentetan tur Asia mereka.

Di laga itu tim asuhan Lionel Scaloni menang 2-0 melawan timnas merah putih. Sayang, mega bintang Lionel Messi tidak ikut hadir ke Jakarta. Meski demikian, animo masyarakat menyaksikan timnas Argentina di GBK tidak surut.

Foto Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: Pssi.org)Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: Pssi.org)

Sukses Gelar Piala Dunia U17

Setelah gagal menghelat Piala Dunia U20, Indonesia akhirnya secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023 oleh FIFA. Indonesia berhasil menorehkan sejarah baru yakni sukses sebagai penyelenggara event FIFA.

Gelaran itu dilaksanakan pada 10 November - 2 Desember lalu di Jakarta, Solo, Surabaya, dan Bandung. Sayang, perjuangan timnas Indonesia sendiri sudah terhenti pada babak penyisihan grup. Meski demikian, Indonesia dianggap sukses oleh FIFA sebagai tuan rumah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kaleidoskop sepak bola Sepak bola 2023 shin tae-yong Timnas Indonesia Naturalisasi