Kaesang Pangarep Disebut Bakal Jadi Ketum PSI, Pengamat: Irasional

Jurnalis: Mustopa
Editor: Naufal Ardiansyah

25 September 2023 05:49 25 Sep 2023 05:49

Thumbnail Kaesang Pangarep Disebut Bakal Jadi Ketum PSI, Pengamat: Irasional Watermark Ketik
Penyerahan friendship card kepada Kaesang Pangarep oleh Ketum PSI, Giring Ganesha (Foto: twitter @@RajaJuliAntoni)

KETIK, JAKARTA – Setelah resmi menjadi anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep disebut-sebut akan diangkat menjadi ketua umum menggantikan Giring Ganesha. 

Kabar itu dibenarkan oleh Plt Sekjen PSI, Isyana Bagoes Oka. Menurutnya, sejumlah kader di daerah mendorong agar putra bungsu Presiden Joko Widodo itu didapuk sebagai ketua umum.

”Memang banyak aspirasi dari DPW dan DPD PSI, setelah mengetahui Mas Kaesang bergabung menjadi anggota PSI, agar Mas Kaesang menjadi Ketua Umum PSI,” katanya seperti dilansir Suara.com, jaringan Ketik.co.id, Senin (25/9/2023).

Menurut Isyana, aspirasi dari DPW dan DPD tersebut akan dibahas dalam agenda Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang dijadwalkan berlangsung di Djakarta Theatre, Senin (25/9/2023) hari ini.

Munculnya nama Kaesang Pangarep sebagai calon ketua umum PSI disoroti Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga. Ia menilai Kaesang Pangarep belum layak karena minim pengalaman.

”Semakin irasional, karena Kaesang sosok yang sama sekali belum punya pengalaman di dunia politik. Kaesang ibarat politisi karbitan yang sangat belum layak menjadi ketum,” ungkapnya.

Menurutnya, sistem kaderisasi di tubuh PSI perlu dipertanyakan apabila Kaesang Pangarep benar-benar diangkat sebagai ketua umum. Karena pastinya bukan kapasitas yang menjadi ukuran.

”Partai ini terkesan belum punya sistem karier berjenjang untuk setiap kader. Siapa saja bisa loncat jadi pimpinan selama itu dikehendaki," tegasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kaesang Pangarep PSI Kopdarnas PSI