Jembatan Rusak, Siswa Kota Malang Naik Getek untuk Berangkat Sekolah

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

3 Oktober 2023 10:48 3 Okt 2023 10:48

Thumbnail Jembatan Rusak, Siswa Kota Malang Naik Getek untuk Berangkat Sekolah Watermark Ketik
Para siswa yang berangkat sekolah naik getek karena jembatan Bumiayu-Mergosono diperbaiki. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Akses jembatan yang menghubungkan wilayah RT 11 RW 5 Kelurahan Mergosono dengan RT 11 RW 2 Kelurahan Bumiayu Kota Malang mengalami kerusakan. Akibatnya ratusan siswa harus menyeberangi Sungai Brantas menggunakan getek untuk berangkat sekolah.

Peristiwa tersebut dijelaskan oleh Hadi Prasetyo selaku Ketua RT 11 Kelurahan Mergosono. Jembatan penghubung dua wilayah tersebut mengalami kerusakan sejak 28 September 2023 lalu.

"Getek ini baru efektif sekitar 1-2 minggu lalu karena ada perbaikan jembatan penghubung. Sudah tidak bisa dilalui sejak Jumat sekitar tanggal 28 September 2023 dan penutupan total karena mulai perbaikan. Tidak ada lagi space untuk jalan kaki," ujarnya pada Selasa (3/10/2023).

Getek tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat setempat yang dihimpun oleh Komunitas Keramba Ikan. Swadaya tersebut dimulai ketika terdapat anak-anak dari anggota komunitas yang terdampak perbaikan jembatan.

"Pertama kita tujukan karena anak-anak dari komunitas ada yang bersekolah di SMP Negeri 7 Malang dan SD Negeri 4 Mergosono. Kalau siang banyak yang tidak bisa mengantar anaknya karena kerja, sehingga ada usul getek ini," jelasnya.

Setidaknya terdapat lebih dari 100 siswa yang menggunakan getek tersebut untuk berangkat sekolah. Namun penumpang getek kini bertambah tak hanya dari kalangan siswa.

"Anak-anak kecil itu, sehari yang naik bisa ratusan orang, anak SMPN 7 Malang hampir 100 orang. Kemarin saja sampai jam 09.30 WIB, layanan itu lebih dari 100. Belum yang pagi-pagi kerja di Pabrik Rokok Upet, jualan di Pasar Kota Lama," sebut Hadi.

Penyeberangan menggunakan getek telah diketahui oleh pemerintah dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. Apabila jembatan telah selesai diperbaiki, tidak menutup kemungkinan fasilitas tersebut tetap dipertahankan untuk keperluan pariwisata.

"Jika jembatan sudah selesai, kegiatan ini secara otomatis akan mengurangi efektivitas kami. Tapi ke depannya kita bisa mengelola untuk tempat wisata, karena hari libur banyak anak-anak kecil dan orang tua ingin menikmati naik perahu," ujarnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jembatan diperbaiki sekolah naik getek Kota Malang jembatan rusak Jembatan Mergosono-Bumiayu