Jelang Libur Lebaran, Bupati Bandung Resmikan Sentra Oleh-oleh Kunafe Soreang

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

1 April 2023 14:32 1 Apr 2023 14:32

Thumbnail Jelang Libur Lebaran, Bupati Bandung Resmikan Sentra Oleh-oleh Kunafe Soreang Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat soft launching Kunafe Soreang di MPP, Sabtu (1/4/23). (Foto:Diskominfo).

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna meresmikan Soft Opening Bandung Kunafe Soreang 99 Kriya Bedas Mart, di Gedung Munara 99 Soreang Kabupaten Bandung (1/4/2023). 

Kehadiran Bandung Kunafe Soreang 99 Kriya Bedas Mart  ini merupakan hasil kerjasama antara Dekranasda Kabupaten Bandung dengan Bandung Kunafe. Kerjasama ini pula diharapkan dapat meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Kabupaten Bandung. 

Selain itu diharapkan Kunafe Soreang ini dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

"Saya kira ini salah satu inovasi yang sangat luar biasa. Ada 441 pelaku UMKM atau sekitar 8.000 produk UMKM yang pada hari ini Soft Opening," kata Bupati Dadang Supriatna di Bandung Kunafe. 

Menurutnya, kalau berbicara berapa jumlah keseluruhan hasil para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung, kurang lebih ada 16.800 produk UMKM. Bicara potensi UMKM di Kabupaten Bandung sangat luar biasa, baik makanan maupun pakaian. 

"Saat ini hampir 8.000 produk UMKM yang dipasarkan. Saya berharap Dekranasda bisa mengembangkan sayapnya dengan Bandung Kunafe dan boleh buka di Kota Bandung atau Jawa Barat sekitarnya. Bahkan bisa secara nasional," kata Bupati Bandung. 

Bupati pun menginstruksikan kepada para ASN Kabupaten Bandung untuk belanja di Kunafe Soreang dalam rangka untuk membantu para pelaku UMKM. 

"Apalagi saat ini menghadapi Lebaran Idulfitri, jadi produk UMKM yang ada di Bandung Kunafe bisa dibeli oleh para ASN," tuturnya. 

Bagi yang akan melakukan kunjungan kerja, mereka bisa berkunjung ke Kunafe Soreang untuk berbelanja oleh-oleh khas produk UMKM Kabupaten Bandung tersebut. 

"Selamat dan sukses, saya optimis bahwa Soft Opening hari ini akan menghasilkan keberkahan untuk kita semua. Aamiin YRA," ucapnya.
 
Bupati yang akrab disapa Kang DS ini menyebutkan, langkah yang dilakukan Dekranasda dan Bandung Kunafe ini merupakan salah satu upaya yang sangat positif dalam upaya memasarkan produk produk Kab. Bandung. 

"Apalagi sebelumnya, saya dapat curhatan dari para pelaku UMKM yang mengaku bingung memasarkan produknya. Untuk itu, Soft Opening Bandung Kunafe ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa," tandas Kang DS.

Foto Bupati Bandung Dadang Supriatna saat soft launching Kunafe Soreang di MPP, Sabtu (1/4/23). (Foto:Diskominfo).Bupati Bandung Dadang Supriatna saat soft launching Kunafe Soreang di MPP, Sabtu (1/4/23). (Foto:Diskominfo).

Ketua Dekranasda Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Dadang Supriatna mengaku merasa terharu dan bangga atas terselenggaranya kegiatan Soft Opening Bandung Kunafe Soreang ini. 

"Kegiatan ini sebagai  langkah nyata Dekranasda Kabupaten Bandung bekerjasama dengan para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Bandung dalam mengembangkan usahanya," jelas Emma.

Ia pun mengucapkan selamat kepada para pelaku UMKM yang sudah bergabung dengan Bandung Kunafe untuk  pemasaran produknya. Mengingat sebelumnya, produk UMKM yang dipasarkan di Bandung Kunafe sudah melewati proses administrasi maupun kualitas produk yang dihasilkan. 

"Terima kasih Bandung Kunafe yang telah bekerja sama untuk mengembangkan UMKM Kabupaten dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM. Saya juga berharap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) memberikan suport terhadap para pelaku UMKM di Kabupaten Bandung," kata Emma.(*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA KABUPATEN BANDUNG lebaran oleh-oleh