Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Abdya Aceh Serahkan Rumah Layak Huni untuk Duafa

Jurnalis: Cutbang Ampon
Editor: Gumilang

9 April 2024 13:45 9 Apr 2024 13:45

Thumbnail Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Abdya Aceh Serahkan Rumah Layak Huni untuk Duafa Watermark Ketik
Pj Bupati Abdya (kemeja putih) didamdingi Dandim dan Kapolres Abdya menyalurkan bantuan rumah layak huni untuk dhuafa di kabupaten setempat, Senin (8/4/2024). (Foto: Cutbang Ampon/Ketik.co.id)

KETIK, ACEH BARAT DAYA – Menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sejumlah warga duafa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh dapat tersenyum bahagia. Mereka mendapat bantuan rumah layak huni dari Baitul Mal setempat.

Secara langsung, Penjabat (Pj) Bupati Abdya Darmansah yang didampingi Forkopimkab pada Senin (8/4/2024) menyerahkan sebanyak enam unit rumah layak huni untuk warga dhuafa di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Abdya secara maraton.

Adapun rumah bantuan tersebut diserahkan untuk Masriwan warga Desa Tokoh dan Arbulan warga Desa Tengah di Kecamatan Manggeng, kemudian Arlan Lazuardi warga Pawoh, Susoh, Asmanidar warga Cot Jeurat, Blangpidie, Nurul Anita warga Pantee Rakyat dan Sayuti warga Desa Gunung Samarinda di Kecamatan Babahrot.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Darmansah menjelaskan bahwa rumah bantuan tersebut merupakan program Baitul Mal Abdya dengan menggunakan anggaran tahun 2023, setidaknya sebanyak 14 unit rumah tipe-36 telah dibangun.

Kepada warga dhuafa sebagai penerima manfaat, Darmansah berpesan rumah yang telah diberikan tersebut dapat dirawat dijaga dengan baik, sehingga bisa dijadikan tempat untuk berteduh dan ibadah yang nyaman.

"Harapan kami agar rumah bantuan ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh warga kurang mampu yang selama ini menempati rumah yang tidak layak huni," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Abdya Zulbaili Djunet menjelaskan, berdasarkan data pagu anggaran dalam kontrak, pihaknya meganggarkan anggaran sebesar Rp 89,5 juta per unit. Dalam anggaran tahun 2023, Baitul Mal Abdya membangun sebanyak 14 unit rumah untuk warga dhuafa yang tersebar di beberapa kecamatan.

Untuk Kecamatan Blangpidie, Baitul Mal Abdya membangun rumah tersebut di Desa Babah Lhueng sebanyak 1 unit, Cot Jeurat 1 unit. Sementara Kecamatan Susoh, 1 unit di Desa Padang Hilir dan 1 unit di Pawoh.

Kemudian si Kecamatan Kuala Batee, 1 unit di Desa Muka Blang, 1 unit Rumoh Panyang, 1 unit Krueng Batee, 1 unit Alue Padee, dan 1 unit Desa Kuala Teureubue. Kecamatan Babahrot, 1 unit Pantee Rakyat dan 1 unit di Gunung Samarinda.

"Selanjutnya juga ada dibangun di Kecamatan Manggeng, 1 unit di Desa Tokoh, 1 unit Tengah dan 1 unit lagu di Desa Pusu Ingin Jaya," jelasnya.

Dari 14 unit rumah layak huni bantuan dari Baitul Mal Abdya, dua unit di antaranya sudah diserahkan oleh Pj Bupati Darmansah kepada penerima sasaran, yaitu Khairiah di Desa Babah Lhueng, Blangpidie dan Sarifah Aini di Desa Padang Hilir, Susoh pada Selasa, 3 April 2024 lalu. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sosial Rumah Layak Huni pj bupati abdya baitul mal abdya