Jelang HUT ke-78 RI, Kadisdik Jabar Gencarkan Tanam Pohon

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

14 Agustus 2023 03:09 14 Agt 2023 03:09

Thumbnail Jelang HUT ke-78 RI, Kadisdik Jabar Gencarkan Tanam Pohon Watermark Ketik
Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya menanam pohon. (Foto: Dok. Disdik Jabar)

KETIK, SUMEDANG – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat bersama jajaran menggencarkan penanaman pohon.

Dalam hal ini Kadisdik Jawa Barat, Wahyu Mijaya menanam pohon damar jelang HUT ke-78 RI, juga dalam kegiatan JUNA (Jumat Menanam) di Tugu Kujang Sepasang, Jatigede, Kabupaten Sumedang, pada hari Jumat (11/08/2023).

Kadisdik menanam pohon damar bersama Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Jabar, Dodit Ardian Pancapana serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar, Benny Bachtiar dalam rangka mendukung gerakan tanam dan pelihara pohon.

Kadisdik mengatakan, kegiatan ini baginya merupakan bagian dari upaya pembelajaran. Pendidikan atau belajar tidak hanya di ruang kelas, tetapi bisa di mana pun, salah satunya di alam sekitar. 

"Kita semua bisa belajar tentang bagaimana kehidupan ekosistem, belajar tentang arsitektur yang ada di sini, kita belajar banyak hal. Jadi, ini bagian penting yang memang harus banyak kita pelajari bagaimana kolaborasi yang ada di sekitar sini," tuturnya dilansir Disdik Jabar.

Hal senada disampaikan Kadishut. Dia menyampaikan berkolaborasi ini penting untuk menyampaikan 3K, yaitu komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi.

"Hari ini kita sedang berkolaborasi bagaimana pengembangan destinasi wisata di Jatigede, khususnya di Tugu Kujang Sepasang. Kami menanam pohon bersama ini adalah satu bagian bagaimana ke depan area ini menjadi hijau," terangnya.

Sedangkan Kadisparbud berharap, 5 tahun ke depan, pohon damar ini sudah berlipat-lipat tingginya dan menjadi pemberi oksigen bagi generasi selanjutnya.

"Yuk warga masyarakat khususnya Jawa Barat, marinbersama-sama hijaukan kembali bumi kita," tandasnya dengan nada optimis dan penuh harap.(*)

Tombol Google News

Tags:

Disdik Jabar Wahyu Mijaya HUT KE-78 RI Tanam Pohon