Jawab Bencana Kelaparan 2050, Kwarda Jatim Berikan Pelatihan Pengembangan Usaha

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

26 Juni 2024 11:02 26 Jun 2024 11:02

Thumbnail Jawab Bencana Kelaparan 2050, Kwarda Jatim Berikan Pelatihan Pengembangan Usaha Watermark Ketik
Pelatihan Pengembangan Pramuka Produktif dari Kwarda Jatim. (Foto: Humas Kwarda Jatim)

KETIK, SURABAYA – Untuk terus mengembangkan usaha anggota pramuka di Jawa Timur, Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim memberikan Pelatihan Pengembangan Pramuka Produktif di Hotel Aston Inn Jemursari Surabaya pada 26 dan 27 Juni 2024.

Kegiatan ini diikuti 114 anggota pramuka utusan Kwarcab di Jawa Timur yang sudah memiliki usaha produktif dari berbagai bidang.

Waka Binamuda Kwarda Jatim Kak Endang Soelistyowati menyampaikan, dunia akan menghadapi potensi bencana kelaparan yang perlu diatasi bersama.

Endang menyampaikan organisasi pangan dunia (FAO) meramalkan pada tahun 2050 dunia akan menghadapi potensi bencana kelaparan, bahkan saat ini sudah mulai tampak.

"Maka kami mengajak kakak-kakak berpartisipasi dan berperan aktif untuk mengatasi masalah tersebut agar Indonesia khususnya di Jawa Timur dapat terlepas dari bencana kelaparan," kata Kak Endang.

Endang menambahkan, saat ini terdapat kesenjangan dalam bidang ketahanan pangan, digital, dan lingkungan. Pramuka produktif mampu menjawab tantangan tersebut.

Foto Waka Binamuda Kwarda Jatim Kak Endang Soelistyowati. (Foto: Humas Kwarda Jatim)Waka Binamuda Kwarda Jatim Kak Endang Soelistyowati. (Foto: Humas Kwarda Jatim)

Dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pramuka Produktif kali ini Endang berharap agar mampu menjawab tantangan yang sedang terjadi.

"Sehingga harapan ke depan, skil yang dimiliki anggota pramuka lebih baik dari pada yang tidak ikut pramuka," tuturnya.

“Mereka bisa jadi pemuda yang produktif tentunya tentu saja diprakarsai oleh Pramuka produktif Jawa Timur," imbuhnya.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini juga sebagai sarana mengembangkan usaha dan antar peserta dapat bertukar informasi terkait usahanya.

Ensang berharap peserta dapat memanfaatkan momentum ini untuk saling mendukung dalam mengembangkan usaha-usaha yang sudah ditekuni.

"Sehingga di pertemuan ini bisa bertukar pikiran untuk meningkatkan Pramuka produktif di Jawa Timur," pungkasnya.

Dalam pelatihan selama dua hari, peserta akan mendapatkan ilmu dari narasumber ahli di bidangnya untuk mengembangkan usaha sehingga mewujudkan program Pramuka Produktif Jawa Timur. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kwarda Jatim Kwartir Daerah Pramuka Jatim pelatihan pengembangan Kwarcab