Jangan Asal Pilih Ban Motor, Perhatikan 4 Hal Sebelum Membeli

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

11 Juli 2023 07:05 11 Jul 2023 07:05

Thumbnail Jangan Asal Pilih Ban Motor, Perhatikan 4 Hal Sebelum Membeli Watermark Ketik
ilustrasi ban sepeda motor (Foto: Astra Motor)

KETIK, JAKARTA – Ban memiliki peran yang sangat vital dalam sebuah kendaraan bermotor. Karenanya, penting untuk memilih ban yang tepat agar nyaman saat berkendara.

Bagi pengguna sepeda motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih ban yang cocok. Karena akan berdampak terhadap keselamatan.

Dilansir dari laman Astra Honda, ada 4 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli ban motor. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tapak Ban

Permukaan tapak atau kembangan memengaruhi daya cengkram sebuah ban. Ban dengan tapak kecil biasanya lebih gesit dan membuat penggunaan bahan bakar menjadi irit.

Namun, penggunaan ban tapak kecil tidak direkomendasikan karena mudah pecah dan berisiko terpeleset. Ban dengan permukaan tapak sedang dinilai lebih aman.

Motif Ban

Dalam memilih ban motor, motif tapak juga harus diperhatikan karena berdampak terhadap tarikan atau traksi kendaraan. Motif ukiran searah dinilai sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Usahakan memilih motif sesuai dengan penggunaan. Medan yang sering dilalui juga harus menjadi pertimbangan.

Tipe Ban

Ada dua tipe ban yang beredar di pasaran, yakni ban basah dan kering. Dua tipe ban tersebut dibedakan dengan jumlah alur yang fungsinya untuk memecah air.

Ban tipe kering biasanya alurnya lebih sedikit. Tapi, juga cocok digunakan di Indonesia dengan iklim tropis karena permukaan 

Ukuran Ban

Ukuran ban sebaiknya disesuaikan dengan velg yang dipakai demi keamanan berkendara. Namun, ban yang beredar di pasaran memang sudah sesuai dengan kondisi motor.

Namun, bagi yang ingin menggunakan ban motor, tapi ukurannya tidak sama dengan velg masih diperbolehkan. Asalkan tidak lebih dari 2 inci. (*)

Tombol Google News

Tags:

ban motor Ban motif ban