Jaga Stabilitas Harga Kepokmas, Pemkab Bandung Gelar OPM dan Bazar Ramadan

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

3 April 2023 20:28 3 Apr 2023 20:28

Thumbnail Jaga Stabilitas Harga Kepokmas, Pemkab Bandung Gelar OPM dan Bazar Ramadan Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna membuka Bazar Ramadan 1444 H dan OPM Plaza Upakarti, Soreang, Senin (3/4/23). (Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna membuka Bazar Ramadan 1444 H, serta launching Operasi Pasar Murah (OPM) dan penetapan 18  Sentra IKM (Industri Kecil dan Menengah) Bedas di Plaza Upakarti Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Senin (3/4/2023). 

Bazar Ramadan yang diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kab. Bandung digelar selama lima hari 3 - 7 April 2023. Peserta Bazar sebanyak 178 pelaku usaha IKM UKM dan ikut serta dari Bulog, toko modern dan PKK Kabupaten Bandung. 

Bupati Bandung menyebutkan dalam Bazar Ramadan ini menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, di antaranya kuliner, fashion dan lain-lain. 

"Kita berharap pelaksanaan Bazar Ramadan ini bisa membantu kebutuhan masyarakat di saat Ramadan maupun jelang Lebaran mendatang," ucap bupati.

Dadang Supriatna berharap Bazar Ramadan ini dapat membantu para pelaku IKM/UMKM dalam mempromosikan, memasarkan produk-produknya kepada khalayak luas dan untuk  menarik konsumen agar mau membeli produk-produk lokal unggulan IKM/UMKM Kabupaten Bandung. Selain itu juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga jual yang lebih murah dari harga pasar menjelang Hari Raya Idulfitri. 

Terkait pelaksanaan OPM yang tersebar di 14 Kecamatan, 137 Desa/Kelurahan di Kabupaten Bandung pada hari Senin ini, menurutnya masyarakat yang mendapatkan subsidi pada OPM ini dengan kriteria rentan miskin. Pada pelaksanaan OPM itu disiapkan sebanyak  11.674 paket.

Satu paket terdiri dari beras 5 kg, gula 3 kg dan minyak 3 liter. Harga per paket senilai Rp 160.000,- , subsidi senilai Rp 95.000,- sehingga harga tebus masyarakat Rp 65.000,. 

Kang DS, sapaan Dadang Supriatna menjelaskan, kegiatan OPM ini bertujuan menyediakan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah untuk membantu masyarakat rentan miskin di Kabupaten Bandung dalam memenuhi kebutuhan pokok di bulan suci Ramadan.

"Tujuan lainnya adalah menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok selama bulan suci Ramadan dan menjelang Idulfitri 1444 H," terangnya. (*)
 

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA OPM Bazar Ramadan Ramadan PEMKAB BANDUNG