Jaga Ketahanan Pangan, Pemdes Semampir Bantu Alat Pertanian

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Marno

14 September 2023 15:25 14 Sep 2023 15:25

Thumbnail Jaga Ketahanan Pangan, Pemdes Semampir Bantu Alat Pertanian Watermark Ketik
Kades Semampir Luqman Mualim memberikan bantuan alat pertanian kepada perwakilan kelompok Tani Makmur.

KETIK, SIDOARJO – Pemerintah Desa (Pemdes) Semampir, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Makmur. Bantuan itu berupa satu set mesin tanam padi, mesin diesel 10 PK untuk pengairan, dan pupuk Urea 3 ton. Penyerahan bantuan itu berlangsung  di Balai Desa Semampir, Kamis (14/9/2023).

Kepala Desa Semampir, Luqman Mualim menuturkan bantuan ini diberikan untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah. Selain itu wujud realisasi Dana Desa tahun 2023 untuk masyarakat.

“Hari ini kita berikan bantuan kepada 30 anggota kelompok tani, sebagai bentuk kepedulian pemerintah desa kepada masyarakat, terutama petani di tengah melonjaknya harga beras,” terangnya.

Bantuan khusus mesin diesel untuk pengairan itu   sangat bermanfaat di tengah terjangan gelombang El-Nino yang menyebabkan cuaca kering lantaran curah hujan sangat minim.

Meski musim kering, diharapkan sawah para petani tidak mengalami kekeringan karena masih mendapat supplai air tanah yang disedot menggunakan mesin diesel ini.

Foto Selain alat pertanian, Pemdes Semampir juga berikan bantuan 3 ton pupuk urea untuk menambah nutrisi tanah.Selain alat pertanian, Pemdes Semampir memberikan bantuan 3 ton pupuk urea untuk menambah unsur hara tanah.

“Harapannya bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga saat panen dapat hasil yang memuaskan,”lanjutnya.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Makmur Nur Rochim yang mewakili anggotanya menerima bantuan dari Desa Semampir meneteskan air mata, melihat kepedulian pemerintah desa kepada warganya, khususnya petani seperti dirinya.

“Kami sangat bahagia, terbantu sekali dengan bantuan ini. Apalagi harga pupuk juga tidak murah, selain itu cuacai sangat panas yang bisa berefek ke tanah menjadi kering. Nanti bersama anggota, kami akan mengatur penggunaan mesin diesel agar air bisa merata,” ucap Nur Rochim usai menerima bantuan. (*)

Tombol Google News

Tags:

ketahanan pangan Semampir luqman Mualim sidoarjo mesin diesel pupuk urea