Intania Putri Mardiyani, Runner Up Putri Bumi Energi Hijau 2023 Ajak Masyarakat Lestarikan Alam

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

20 Oktober 2023 04:00 20 Okt 2023 04:00

Thumbnail Intania Putri Mardiyani, Runner Up Putri Bumi Energi Hijau 2023 Ajak Masyarakat Lestarikan Alam Watermark Ketik
Intania Putri Mardiyani, Runner up 4th Putri Bumi Energi Hijau 2023 (Foto: dokumen pribadi/Wandi Ruswannur)

KETIK, BEKASI – Memakmurkan bumi pada hakikatnya adalah pengelolaan lingkungan secara benar dengan cara melaksanakan pelestarian alam agar tidak punah dan dapat dimanfaatkan oleh generasi mendatang.

Dalam hal ini, Intania Putri Mardiyani, akrab dengan panggilan Tane, RU 4th Putri Bumi Energi Hijau 2023 asal Bekasi yang juga seorang Sarjana Hubungan Internasional Fakultas ISIP, Universitas Jakarta mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk melestarikan alam.

Pemilik akun media sosial Instagram @intaniaptrn mengatakan, bahwa Putri Bumi sendiri merupakan ajang kecantikan di Indonesia yang berfokus pada kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan hidup dan keindahan pariwisata.

"Di bawah Yayasan El John Indonesia diharapkan dengan semangat pada pengembangan serta pemberdayaan generasi muda sebagai human capital, guna menghasilkan SDM yang handal dan bertalenta dalam bidang lingkungan. Peranannya juga untuk mendorong masyarakat agar lebih berperan aktif dan peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup," kata Tane kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (20/10/2023).

Sejauh ini, advokasi yang telah dilakukan Tane salah satunya adalah penerapan kesadaran minim plastik pada kantin sekolah, sosialisasi terhadap energi terbarukan, dan pemerataan sumber daya manusia untuk menunjang elektabilitas SDA.

"Beberapa kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan masyarakat dan sekolah. Tentunya kegiatan aktif yang dilakukan serta merta ajakan untuk masyarakat agar bisa melestarikan lingkungan," ujar perempuan cantik yang hobi membaca, menulis dan bernyanyi.

Terakhir, Tane berpesan dan mengajak pada masyarakat khususnya generasi muda selalu menjaga lingkungan dan pelestarian alam, minimal yang ada di lingkungan sekitar.

"Marilah kita bersama-sama menjaga pelestarian bumi dengan melakukan hal kecil dengan tidak membuang sampah sembarangan dan belajar memilah sampah," tutupnya dengan nada penuh semangat.

Adapun prestasi membanggakan yang telah diraih oleh Tane yaitu, sebagai berikut:
1. Judul Terbaik Karya Ilmiah IPS - LIPI 2017.
2. Juara 2 Acoustic Lagu Daerah Kota Administrasi Jakarta Utara 2017.
3. Olimpiade Sains Madrasah Biologi 2016-2017.
4. Mpok Intelegensia 2022 Kabupaten Bekasi.
5. RU 4th Putri Bumi Energi Hijau 2023 dan Putri Bumi Persahabatan 2023.(*)

Tombol Google News

Tags:

Cantik Lingkungan bumi Intania Putri Mardiyani RU 4th Putri Bumi Energi Hijau 2023 Alam