Inovasi Putik Sari Antarkan Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Raih Juara 1 SKK Jatim 2023

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

13 Desember 2023 13:07 13 Des 2023 13:07

Thumbnail Inovasi Putik Sari Antarkan Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Raih Juara 1 SKK Jatim 2023 Watermark Ketik
Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa ketika memberikan penghargaan Juara 1 SKK Jatim kepada Camat Wonosari Desy Ariyanti (12/12/2023). (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

KETIK, MALANG – Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, berhasil mencatatkan capaian positif dalam Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan (SKK) Jatim 2023. Kecamatan di lereng Gunung Kawi ini Juara 1 Kecamatan yang berkinerja baik se-Jawa Timur.

Penghargaan diberikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Camat Wonosari, Desy Ariyanti di Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa, (12/12/2023) malam.

Dikutip dari keterangan tertulis Pemkab Malang Rabu, (13/12/2023), Pj Sekda Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah juga turut menyaksikan saat Camat Wonosari menerima penghargaan tersebut.

Pj Sekda Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah bangga atas capaian yang telah diraih oleh Kecamatan Wonosari tersebut. "Tentunya Pemkab Malang bangga, melalui Camat Wonosari telah berhasil mencapai prestasi tertinggi dalam lomba SKK Jatim 2023 ini," ujarnya.

Ia menambahkan, hal ini membuktikan di samping camat yang memang berprestasi dan berintegritas juga terdapat inovasi Putik Sari dari Kecamatan Wonosari juga menjadi nilai tambah pada lomba itu.

"Inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri (Putik Sari) sebelumnya juga telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023," ungkapnya.

Terkait penilaian, kata Nurman, kriteria yang dinilai oleh tim dari juri ada tiga tahap penilaian, mulai dari seleksi administrasi, paparan hingga visitasi tentang inovasi atau kreatifitas dalam penyelenggaraan kecamatan.

Sementara itu, Camat Wonosari Desy Ariyanti mengatakan, Inovasi Putik Sari telah memberikan dampak terhadap perekonomian, ekologi maupun sosial yang terukur dalam Indeks Desa Membangun. 

"Kami sangat berterima kasih karena kinerja kami telah diapresiasi oleh Pemprov dan kami tidak hanya melibatkan lintas sektor yang ada di internal kecamatan namun lembaga lembaga diluar kecamatan juga turut bersinergi," ucapnya.

Sebagai informasi, implementasi inovasi Putik Sari Kecamatan Wonosari ini, melahirkan belasan Kampung Tematik di 8 desa. Kampung tematik itu yakni Kampung Kopi dan Tanaka Waterfall.

Kemudian, Kampung Tari Topeng, Kampung Ternak, Kampung Ikan, Kampung Bunga, Kampung Toga, Kampung Lemon, Kampung Magati, Kampung KRLP dan Kampung Rosela.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Putik Sari SKK Jatim Gubernur Jatim