Inilah Tips Menjaga Minyak Goreng Tetap Jernih

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

14 Juli 2023 23:59 14 Jul 2023 23:59

Thumbnail Inilah Tips Menjaga Minyak Goreng Tetap Jernih Watermark Ketik
Minyak goreng setelah digunakan akan ada sisa-sisa makanan yang menghitam di penggorengan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Minyak goreng adalah salah satu bahan masakan yang sering digunakan untuk mengolah makanan. Sesuai dengan namanya minyak goreng berguna untuk menggoreng makanan. Namun seringkali saat sedang menggoreng kita melihat sisa-sisa makanan atau sisa adonan. 

Seringkali saat memasak kita menggunakan minyak goreng lebih dari satu kali, akibat hal ini biasanya terdapat sisa-sisa makanan atau adonan di penggorengan.

Sisa makanan ini ada baiknya harus dibersihkan untuk menjaga minyak goreng tetap jernih. Namun selain itu ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga minyak goreng tetap jernih. Apa saja itu? Berikut kami uraikan tipsnya untuk anda.

1. Memakai Tepung Maizena

Tepung maizena yang biasanya digunakan untuk membuat kue, ternyata memiliki kegunaan lain seperti menjaga minyak goreng tetap bersih. Caranya panaskan campuran minyak dan tepung maizena dengan api kecil, jaga agar jangan sampai mendidih.

Aduk kedua bahan tadi dengan spatula tahan panas. Campuran bahan tepung maizena akan mengeras dalam waktu 10 menit, setelah itu saring. Minyak goreng siap kamu gunakan kembali.

2. Jauhkan dari Panas

Saat selesai menggoreng jangan letakkam minyak goreng di atas kompor atau tempat yang panas. Karena paparan panas dari masakan lain dapat membuat menjadi kotor. Sebagai gantinya kamu dapat meletakkan minyak di dalam lemari es dan gunakan setelah minyak mengeras.

3. Taruh Minyak di Tempat Bersih

Agar minyak goreng tetap bersih jauhkan dari paparan cahaya, panas dan kelembapan. Ketiga hal tersebut ternyata dapat merusak minyak goreng. Agar tetap bersih ada baiknya minyak goreng dibagi berdasarkan cara penyimpanan. 

4. Gunakan Irisan Lemon

Selain digunakan untuk membuat minuman, ternyata buah lemon dapat menjaga minyak goreng tetap bersih. Caranya Panaskan minyak dalam panci kecil. Lalu ambil irisan lemon dan masukkan ke dalam minyak. Sisa-sisa makanan yang berwarna kehitaman dalam minyak akan menempel pada lemon. setelah itu angkat irisan lemon dan minyak dapat digunakan kembali.

5. Menyaring Minyak Sebelum Digunakan

Sebelum mulai memasak, ada baiknya menyaring minyak goreng terlebih dahulu untuk memisahkan sisa-sisa makanan. Karena sisa makanan tersebut dapat membuat minyak goreng menjadi hitam.(*)

Tombol Google News

Tags:

minyak goreng menggoreng memasak dapur tips