Inilah Manfaat Olahraga saat Berpuasa, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

26 Maret 2024 00:05 26 Mar 2024 00:05

Thumbnail Inilah Manfaat Olahraga saat Berpuasa, Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur Watermark Ketik
Ilustrasi olahraga. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat berpuasa di bulan Ramadan, banyak orang menghindari olahraga karena takut lemas dan kehabisan tenaga. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan minuman dan makanan dalam waktu belasan jam.

Oleh sebab itu kegiatan seperti olahraga dipandang dapat menghabiskan tenaga saat berpuasa. Padahal olahraga saat berpuasa bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh. 

Apa saja manfaat olahraga saat puasa? Dilansir dari berbagai sumber berikut ini beragam manfaat positif dari berolahraga saat berpuasa.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Berolahraga saat berpuasa ternyata dapat meningkatkan imunitas tubuh. Menurut beberapa penelitian, berolahraga saat berpuasa tidak akan membuat tubuh lemas, tubuh malah terasa lebih segar dan sehat karena aktivitas tubuh yang meningkat.

Meningkatnya imun dalam tubuh akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit. Sehingga aktivitas puasa menjadi lancar dan kita tidak akan mudah jatuh sakit.

2. Membantu mengontrol berat badan

Berpuasa bisa membantu kita untuk mengontrol kalori yang masuk sehingga berat badan dapat tetap terjaga. Manfaat tersebut akan lebih baik lagi jika ditambah dengan kegiatan olahraga saat berpuasa. 

Cukup lakukan olahraga ringan di sore hari seperti jogging, bersepeda dan angkat beban. Dengan begitu anda bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh yang dapat membakar kalori.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Selain bermanfaat untuk menjaga berat badan. Aktivitas olahraga saat berpuasa juga bisa memperbaiki kialitas tidur kita menjadi lebih nyenyak. Sebelum melakukan olahraga saat puasa sebaiknya lakukan pemanasan dan pendinginan secukupnya untuk menghindari cedera.

4. Memperbaiki mood

Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati. Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang diproduksi oleh otak dan disimpan di kelenjar pituitari.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Olahraga puasa Ramadan Mengontrol berat badan perbaiki mood tingkatkan kualitas tidur