Ini 3 Amalan di Hari Jumat Supaya Hidup Dipenuhi Keberkahan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

27 Oktober 2023 02:35 27 Okt 2023 02:35

Thumbnail Ini 3 Amalan di Hari Jumat Supaya Hidup Dipenuhi Keberkahan Watermark Ketik
Ilustrasi amalan yang dilakukan oleh umat Islam. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Bagi umat Islam, hari Jumat merupakan hari istimewa yang penuh dengan kemuliaan. Banyak yang meyakini bahwa doa-doa yang dilayangkan kepada Allah SWT dapat dikabulkan. Hari Jumat pula Nabi Adam diciptakan dan dimasukkan ke surga. 

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW. bersabda, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari & Muslim).

Jangan sampai menyia-nyiakan kemuliaan dari hari Jumat dengan melakukan kegiatan yang merugikan. Berikut adalah amalan yang dapat kalian lakukan di hari Jumat.

1. Membaca surat Al-Kahfi

Keutamaan membaca surat Al-Kahfi bagi umat Islam di hari Jumat, salah satunya ialah mendapatkan ampunan dari Allah SWT di antara dua Jumat. Surat ini juga dapat menghindarkan diri dari fitnah Dajjal di akhir zaman kelak. 

Bahkan jika menghafal 10 ayat pertama di surat Al-Kahfi, kalian dapat terhindar dari fitnah Dajjal. Dalam sebuah hadits yang berasal dari Abu Darda' RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah)." (HR. Muslim).

2. Perbanyak Shalawat Nabi Muhammad 

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya, "Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali."

Bacaan shalawat yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW tersebut memiliki arti yang sangat dalam. 

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya."

3. Bersedekah

Pada hari Jumat, Allah SWT akan melipatgandakan pahala setiap orang yang bersedekah. Untuk itu Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, terutama bersedekah di hari Jumat. 

Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya, “ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Tombol Google News

Tags:

Amalan Hari Jumat Jumat berkah Al-Khafi Bersedekah Membaca Shalawat