Ini 12 Strategi Tekan Inflasi ala Pemkot Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

12 Januari 2024 07:25 12 Jan 2024 07:25

Thumbnail Ini 12 Strategi Tekan Inflasi ala Pemkot Malang Watermark Ketik
Pj Wali Kota Malang saat rapat evaluasi pengendalian inflasi (12/1/2024). (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pada tahun 2023 lalu, tingkat inflasi di Kota Malang berada di bawah rata-rata Provinsi Jawa Timur. Tingkat inflasi month to month Kota Malang sebesar 0,22 persen dan year to year mencapai 2,56 persen.

Rupanya Pemerintah Kota Malang memiliki 12 strategi di balik keberhasilan dalam mengendalikan angka inflasi. Strategi yang telah diimplementasikan tersebut selalu dikembangkan dan dievaluasi supaya maksimal dalam menekan inflasi di Kota Malang. 

Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat turut membeberkan kesembilan strategi tersebut, yakni:

1. Lanjutan Gerakan Pangan Murah 
2. Panen cabai hamparan akhir Desember 
3. Pengembangan tanam cabai melalui urban farming 
4. Kerjasama tanam cabai 
5. Kesinambungan pemantauan harga / monev pasar  
6. Kesinambungan Warung Tekan Inflasi 
7. Pengadaan, pemeliharaan dan pemanfaatan cadangan pangan pemerintah daerah 
8. Penguatan koordinasi seluruh BUMN terkait pangan dalam  rangka Stabilisasi Pasokan Dan Harga Pangan (SPHP) 
9. Optimalisasi High Level Meeting 
10. Rehab akses jalan jembatan pada jalur distribusi  
11. Sidak pasar 
12. Komunikasi yang makin efektif

Dari strategi tersebut Wahyu berharap kerja keras Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang dapat semakin terarah.

"Saya berharap TPID dapat berdiskusi secara terbuka dan konstruktif untuk merumuskan program kerja yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan-perubahan yang mungkin terjadi," ujar Wahyu, Jumat (12/1/2024).

Tak hanya menetapkan target, para tim juga diminta mencari cara agar efisiensi dan efektivitas kinerja semakin meningkat.

"Kita harus bisa merancang strategi yang terukur, inovatif, dan terintegrasi. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas langkah-langkah pengendalian inflasi di Kota Malang," lanjutnya.

Melalui 12 strategi yang telah diimplementasikan dan terus dikembangkan, berhasil membawa rekam jejak positif bagi pengendalian inflasi di Kota Malang. Ia berharap TPID Kota Malang tidak mudah berpuas diri dengan capaian yang telah diraih.

Menurutnya diperlukan sebuah penguatan dan komitmen bersama dalam pengendalian inflasi daerah. Strategi-strategi tersebut masih memerlukan evaluasi untuk semakin sistematis dalam pengimplementasiannya. 

"Kita harus bersama-sama menguatkan upaya yang akan kita jalankan agar inflasi Kota Malang dapat terus terkendali. Saya yakin dengan kerja keras dan sinergi yang baik, TPID Kota Malang dapat mengendalikan inflasi di tahun 2024," ucapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pengendalian inflasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah strategi tekan inflasi Inflasi kota malang Kota Malang