Info A1, Pemprov Usulkan Kepala BPSDM Jatim Gantikan Wahyu sebagai Pj Wali Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

23 Juli 2024 14:18 23 Jul 2024 14:18

Thumbnail Info A1, Pemprov Usulkan Kepala BPSDM Jatim Gantikan Wahyu sebagai Pj Wali Kota Malang Watermark Ketik
Kepala BPSDM Jatim, Ramliyanto. (Foto : BPSDM Jatim)

KETIK, MALANG – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi (BPSDM) Jawa Timur Ramliyanto dikabarkan telah ditunjuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menjadi Pj Wali Kota Malang menggantikan Wahyu Hidayat.

Kabar tersebut diperoleh dari orang terdekat Tim Ketik.co.id di Pemprov Jatim. Usulan tersebut sebagai respon pengajuan surat pengunduran diri Wahyu Hidayat untuk maju di Pilkada Kota Malang.

Perlu diketahui sebelum menjabat sebagai Kepala BPSDM Jatim, Ramli pernah menduduki beberapa posisi penting, salah satunya Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jatim.

Selain usulan dari Pemprov Jatim, DPRD Kota Malang juga telah megusulkan satu nama untuk menggantikan Wahyu Hidayat. Nama Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso. 

Adapun saat dikonfirmasi pada Selasa (23/7/2024) malam, Made seolah tak menahu tentang status Ramli yang diusulkan oleh Pemprov Jatim untuk menggantikan Wahyu Hidayat.

Sebelumnya, Kepala DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika sempat menjelaskan pertimbangan memilih Erik disebabkan mendekati masa krusial untuk pembahasan APBD Murni dan Perubahan. 

Menurutnya apabila Pj Kota Malang terpilih berasal dari luar lingkup Kota Malang, akan memerlukan waktu lama untuk beradaptasi. 

"Saat ini masa krusial pembahasan APBD perubahan dan murni. Kalau yang muncul nanti usulan dari provinsi atau Kemendagri maka harus adaptasi lagi. Pak Erik sebagai ketua TAPBD kita sudah tinggal jalan saja. Kita usulkan calon tunggal saja," ujar Made.

Sebagai informasi, usulan dari DPRD Kota Malang dan juga Pemprov Jatim akan diserahkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dan melewati proses seperti sebelumnya. 

Satu nama yang terpilih nantinya kemudian dilantik dan akan langsung menggantikan posisi Wahyu Hidayat sebagai Pj Wali Kota Malang yang baru. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Kepala BPSDM Jatim Kota Malang Pemkot Malang pj wali kota malang