HIPMI Jember Tempuh Medan Berat untuk Salurkan 300 Al Quran

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

13 April 2023 12:35 13 Apr 2023 12:35

Thumbnail HIPMI Jember Tempuh Medan Berat untuk Salurkan 300 Al Quran Watermark Ketik
Penyerahan mushaf Alquran kepada Masjid Baiturrahman Perkebunan Keputren, Selasa (11/4/2023) (Foto: Hipmi Jember for Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jember menyalurkan 342 Mushaf Al Quran yang dibagi kepada mushola dan masjid yang berada di Lereng Gunung Argopuro, Lereng Gunung Raung, dan lingkungan Desa Suci Kecamatan Panti.

Holand selaku Ketua Panitia HIPMI Peduli Ramadhan Berbagi mengatakan jika penyaluran mushaf Al Quran ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Jember yang sulit dijangkau.

"Al Quran yang ada disana (mushola dan masjid) memang sudah tidak layak. Lembarannya banyak yang hilang," ujar Holand saat dihubungi Ketik.co.id pada Senin (17/4/2023).

Lokasinya yang jauh dan terpencil dari pusat kota, dengan medan perjalanan yang sulit menjadi alasan penyaluran mushaf Al Quran ini dinilai tepat. 

"Kita dari awal sepakat gimana caranya penyaluran ini harus benar-benar tepat sasaran. Tidak hanya dibagikan saja, tapi harus sampai kepada yang membutuhkan," imbuhnya.

Menurutnya, dalam momen bulan Ramadan ini banyak cara yang dapat ditempuh untuk berbagi dengan sesama, sekaligus sebagai bekal amal jariyah.

"Terus terang timbang kita bersedekah makanan lebih baik bersedekah yang dipakai untuk urusan ibadah seterusnya," terang Holand.

Bukan perjalanan yang mudah, proses pengiriman ini berlangsung selama tiga hari. Sejak Sabtu (8/4/2023), Senin (10/4/2023), dan Selasa (11/4/2023) tengah malam.

Dia bersama dengan beberapa anggota HIPMI Jember lainnya melakukan proses pengiriman secara ekstrem dengan kendaraan khusus. Sebab melewati medan terjal untuk menjangkau wilayah lereng Gunung Argopuro ataupun Raung.

"Untuk bisa menjangkau area tersebut kita harus pakai mobil offroad 4x4 karena medan ekstrem," tambahnya.

Pengiriman mushaf Al Quran dilakukan pada malam hari. Holand mempertimbangkan kondisi dari rekannya untuk melakukan perjalanan yang ekstrem.

“Kalau siang terkait minimnya anggota yang ikut, makanya dilakukan malam. Dan dibantu sebagian masyarakat disana untuk menyalurkan karena waktunya gak nutut (keburu)," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

HIPMI Jember Ramadan berbagi Al Qur'an