Hendak Jadi ABK, Pria di Probolinggo Malah Jatuh dan Tewas Tenggelam

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: M. Rifat

8 September 2023 01:07 8 Sep 2023 01:07

Thumbnail Hendak Jadi ABK, Pria di Probolinggo Malah Jatuh dan Tewas Tenggelam Watermark Ketik
Tim SAR Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo bersama anggota Pos Kamladu TNI AL Mayangan saat mengevakuasi jasad korban, Kamis (7/9/2023). (Foto: BPBD Kota Probolinggo)

KETIK, PROBOLINGGO – Rencana Ahmad Rizal Maulana (20) warga Jl. Bengawan Solo RT. 03/RW.01, kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo untuk bekerja sebagai seorang Anak Buah Kapal (ABK) harus berujung maut. Pasalnya ia justru tewas terjatuh dan tenggelam dari kapal yang hendak dijadikannya sebagai tempat bekerja.

Peristiwa nahas itu terjadi di dermaga Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Mayangan Kota Probolinggo pada Kamis (7/9/2023). Tepatnya sekitar pukul 02.47 dini hari, Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo telah menerima adanya laporan orang yang hilang akibat tenggelam di pelabuhan tersebut.

Menindak lanjuti laporan tersebut, sekitar pukul 08.00 WIB Pusdalops PB BPBD Kota Probolinggo berkoordinasi dengan Pos Kamladu TNI AL Mayangan lantas menerjunkan tim SAR untuk melakukan pencarian terhadap korban di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Setelah dilakukan pencarian selama kurang lebih 5 jam lebih menggunakan sejumlah penyelam dan perahu karet akhirnya Ahmad Rizal Maulana diketemukan dalam kondisi tidak bernyawa di kedalaman sekitar 3-5 meter di perairan sekitar dermaga PPI Mayangan itu.

"Jasad korban ditemukan oleh para penyelam di kedalaman sekitar 3-5 meter. Posisinya bergeser cukup jauh dari posisi awal saat ia dilaporkan terjatuh dari kapal dan hilang di perairan sekitar dermaga PPI Mayangan ini," ungkap Kasi Kedaruratan & Logistik (k/L) Yudha Arisandy, Kamis (7/9/2023).

Disebutkannya, usai diketemukan jasad korban langsung dibawa menuju di RSUD dr. Moh Saleh menggunakan mobil ambulans. Namun sayangnya, setibanya di rumah sakit, ternyata korban sudah dinyatakan meninggal akibat tenggelam sejak beberapa jam sebelumya.

"Korban oleh pihak rumah sakit dinyatakan meninggal sejak beberapa jam lalu akibat tenggelam," sebutnya. 

Sementara itu, Hadi Nugroho salah satu tim penyelam dari POSSI Kota Probolinggo mengatakan dirinya bersama rekan-rekan tim BPBD Kota Probolinggo telah menemukan ponsel milik korban di dasar laut.

"Berawal temuan awal inilah tim pencari lalu melakukan pencarian di sekitar titik penemuan ponsel itu. Hingga akhirnya mnemukan jasad korban yang telah terbujur kaku," katanya singkat. (*)

Tombol Google News

Tags:

bpbd Kota Probolinggo abk tenggelam mayangan