Harga Beras Naik, Pemkab Bandung Salurkan 2.140 Ton Cadangan Beras Per Bulan

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

27 September 2023 05:13 27 Sep 2023 05:13

Thumbnail Harga Beras Naik, Pemkab Bandung Salurkan 2.140 Ton Cadangan Beras Per Bulan Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna melepas penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah, di halaman Gedung Budaya Soreang, Rabu (27/9/23).(Foto:Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Pemkab Bandung menyalurkan bantuan pangan berupa cadangan beras pemerintah sebanyak 2.140 ton beras per bulan, bagi masyarakat miskin di 31 kecamatan di Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna melepas secara resmi penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah tersebut, bersama Bulog, PT POS dan jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung di halaman Gedung Budaya Soreang (GBS), Rabu (27/9/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Dadang Supriatna mengatakan bantuan pangan cadangan beras pemerintah tersebut merupakan bantuan tahap kedua setelah sebelumnya penyaluran pertama dilakukan pada Februari, Maret dan April. 

Pendistribusian bantuan pangan tahap kedua ini ini diperuntukkan bagi 214.070 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 31 kecamatan. Bantuan tersebut akan disalurkan secara bertahap selama tiga bulan ke depan, mulai September hingga November 2023.

"Bantuan pangan cadangan beras pemerintah ini merupakan upaya pemerintah untuk mengatasi dampak iklim el nino sekaligus mengatasi gejolak harga beras yang saat ini sedang melambung tinggi," kata Bupati, saat pelepasan bantuan pangan di Soreang, Rabu (27/9/2023).

Bupati Bandung berharap bantuan yang disalurkan dapat membantu masyarakat, terutama masyarakat miskin yang berpotensi mengalami rawan pangan akibat terdampak fenomena el nino maupun kesulitan akibat gejolak harga beras yang saat ini terjadi.

Nantinya, kata Bupati, setiap KPM akan menerima bantuan beras sebanyak 10 kg per bulan. Sehingga dalam tiga bulan setiap KPM akan menerima bantuan beras total sebanyak 30 kg. Namun penyalurannya tetap dilakukan setiap bulan.

"Dengan adanya bantuan beras ini, saya meyakini kebutuhan pangan masyarakat kurang mampu di 31 kecamatan dapat tertanggulangi. Saya yakin ini akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Bandung," ungkap Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Ia meminta agar jajaran Dispakan Kabupaten Bandung, PT POS selaku pelaksana beserta Pemerintah Kecamatan dan Desa dapat mengawal langsung pendistribusian bantuan pangan cadangan beras tersebut agar tepat sasaran dalam pelaksanaannya.

"Saya minta pendistribusiannya ini harus sesuai by name by address-nya. Saya akan turun mengawasi secara langsung pelaksanaannya. Semoga bantuan ini menjadi berkah buat masyarakat," tandas Kang DS. (*)

Tombol Google News

Tags:

Beras PEMKAB BANDUNG BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA pangan