Harga Beras di Kota Pagaralam Naik, Daya Beli Masyarakat Berkurang

Jurnalis: Almi Raisyah
Editor: Mustopa

19 September 2023 10:20 19 Sep 2023 10:20

Thumbnail Harga Beras di Kota Pagaralam Naik, Daya Beli Masyarakat Berkurang Watermark Ketik
Tampak petugas Disperindagkop dan UKM Kota Pagaralam lakukan giat pemantauan dan pengawasan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Pagaralam. (Foto'; Al/ketik.co.id)

KETIK, PAGAR ALAM – Belakangan ini, harga kebutuhan bahan pokok seperti beras di Pasar Tradisional Kota Pagaralam melonjak tajam. Saat ini, harga jual beras sudah menembus angka Rp14 ribu per kilogram.

Padahal, sebelumnya harga jual beras di pasaran berada di kisaran Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kilogramnya. Harga beras yang kian melonjak tajam ini, terjadi seiring kekeringan akibat fenomena alam El Nino.

Kondisi ini membuat masyarakat, husus kaum ibu-ibu menjerit. Pasalnya, dengan harga jual beras yang tinggi, mau tidak mau mereka harus mengurangi belanja beras.

Seperti yang diutarakan Wati, salah seorang ibu rumah tangga mengaku harus dapat mengurangi belanja beras hingga setengah dari biasanya.

"Saya biasanya membeli beras itu satu sak isian 10 kilogram, sekarang terpaksa harus mengurangi setengahnya atau 5 kilogram saja, sisanya biar bisa membeli bahan kebutuhan pokok lainnya,” jelasnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Pagaralam melalui Disperindagkop dan UKM melakukan engendalian harga, stok barang kebutuhan pokok dan barang penting di Kota Pagaralam. Dari kegiatan tersebut ditemukan adanya kenaikan harga beras.

Kenaikan harga beras tersebut terjadi karena dampak cuaca buruk yang terjadi di Indonesia.(*)

Tombol Google News

Tags:

harga Beras naik musim Panas