Harga Bapok di Surabaya Terus Distabilkan

Jurnalis: Kuncoro S.
Editor: Rudi

24 Januari 2023 05:25 24 Jan 2023 05:25

Thumbnail Harga Bapok di Surabaya Terus Distabilkan Watermark Ketik
Pasar tradisiona Surabaya. (Foto: IST)

KETIK, SURABAYA – Dalam upaya untuk menstabilkan harga bahan pokok (bapok), Pemkot Surabaya terus melakukan operasi pasar. Agar harga bapok stabil Pemkot melakukan kerja sama antarsektoral. Institusi yang ikut menstabilkan harga pasar ini antara lain Dinas Koperasi. UKM (Usaha Kecil Menengah) dan Dinas Perdagangan (Disperindak). 

Menstabilkan harga bapok, tujuannya adalah untuk menahan dampak inflasi di kota ini. Operasi pasar tersebut terus dilakukan ke pasar-pasar tradisional di Surabaya.

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surabaya melalui rumah potong hewan (RPH) tiap hari menyediakan 100 kg daging segar dikirim ke operasi pasar. Daging yang dipasok dari RPH ini berbagai jenis daging. Misalnya daging segar hingga produk olahan, bakso dan siomai. Produk daging ini berasal dari Pegirian dan Kedurus.

”Target RPH bukan mencari keuntungan, tapi memberikan pelayanan kepada masyarakat”, kata Dirut PD - RPH Surabaya FajarArifianto, kepada awak media.

Sejak adanya giat operasi pasar ini animo masyarakat cukup bagus.. Contohnya, produk yang terjual mencapai 40 kg hingga 70 kg dalam sekali giat operasi pasar. Agar masyarakat lebih antusias terhadap giat operasi pasar tersebut PD RPH memberikan diskon 5 persem pembelian dibawa 1 juta rupiah dan 10 persen di atasnya. 

Dalam operasi pasar ini pengecekan dilakukan setiap hari. Upaya itu dilakukan di pasar, distributor maupun di gudang. Operasi pasar di Surabaya dilakukan di 31 kecamatan setiap bulan. 

Berdasarkan cacatan ketik.co.id haga kebutuhan pokok di Surabaya pada akhir Januari ini tampak stabil. Adanya hari Raya Imlek tiga hari lalu harga-harga kebutuhan kerlihatan tidak ada perubahan dibandingkan awal tahun baru yang lalu. 

Harga cabai dan telur di pasar tradisional yang sering dikeluhkan oleh ibu rumah tangga. Sebab, saat ada peringatan hari raya pasti terjadi lonjakan harga, misalnya telur, daging ayam, daging sapi dan cabai. Namun selepas kegiatan tersebut harga kebutuhan rumah tangga normal kembali. “Gejolah kenaikan harga tersebut tidak berlangsung lama”, ujar Ibu Hesti, selah seorang ibu rumah tangga. 

Berdasarkan catatan harga bahan pokok 24 Januari 2023 di beberapa pasar tradisional Surabaya Barat : Harga Beras Bengawan Rp 12.205/kg. beras Mentik 11.975/per kg, harga gula pasir Rp 13.000/kg, harga daging sapi antara Rp 120.000 (kwatitas bagus). Daging ayam Rp 35.000/kg

Telur ayam Rp 27 ribu/kg. Harga minyak goreng dan capai tetap stabil (*)

Tombol Google News

Tags:

Bapok terus distabilkan