Hanya di Era Khofifah, Jatim Punya Sirkuit Balap

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Naufal Ardiansyah

20 Desember 2023 04:13 20 Des 2023 04:13

Thumbnail Hanya di Era Khofifah, Jatim Punya Sirkuit Balap Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat launching Sirkuit Mario Aji Magetan yang akan dibangun 2024, Selasa (19/12/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sirkuit Magetan akan dibangun awal tahun 2024 dengan anggaran Rp 16,2 miliar. Hadirnya Sirkuit ini adalah angin segar bagi dunia balap di Jawa Timur.

Realisasi sirkuit balap milik Pemprov Jatim ini tak lepas dari tangan dingin Khofifah selaku Gubernur Jatim. Sirkuit yang diberi nama Sirkuit Mario Aji itu menjadi sirkuit pertama yang dimiliki Pemprov Jatim.

Artinya, hanya di era pemerintahan Gubernur Khofifah Jawa Timur memiliki sirkuit balap standart nasional. Memang ada beberapa sirkuit balap di Jawa Timur, namun sirkuit tersebut sangat terbatas dan beberapa dimiliki oleh swasta. 

"Saya berharap dari sirkuit ini akan ada atlet balap Jawa Timur seperti Mario Aji yang akan berlaga di Moto 2, sehingga bisa memberikan motivasi bagi pembalap dari Jawa Timur," ucap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Rabu (20/12/2023).

Dengan dilaunching Sirkuit Mario Aji Magetan ini bisa memberikan wadah kepada masyarakat Jawa Timur terlebih di Magetan untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini.

"Jadi nanti anggaran pembangunan sirkuit ini akan menggunakan anggaran dari Pemprov Jawa Timur," terang Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini.

Desain sirkuit Magetan ini merupakan karya dari Pemkab Magetan. "Kalau dilihat dari visualisasi tadi cukup bagus dan bisa lahir Mario Aji lainnya dari sirkuit itu," terangnya.

Dengan adanya sirkuit ini, Khofifah berharap tahun 2045 akan terwujud generasi emas bangsa Indonesia yang tampil di Moto GP.

"Semoga saja penampilan anak bangsa kita di ajang balap bergengsi itu semakin bagus," terang mantan Menteri Sosial ini.

Sementara itu, Mario Aji mengaku bangga dengan adanya sirkuit Magetan. Sebagai putra daerah dirinya berharap banyak dengan adanya sirkuit balap tersebut.

"Ini menjadi pelecut anak muda untuk bisa meraih prestasi baik di ajang balap internasional," jelasnya.

Mario yang tahun 2024 akan tampil di Moto 2 meminta doa masyarakat Indonesia terlebih Jawa Timur. "Saya mohon doanya sehingga saya bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang Moto 2 tahun depan," bebernya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sirkuit Magetan Mario Aji Khofifah Khofifah Indar Parawansa Gubernur Khofifah Gubernur Jatim Jawa timur Magetena