Hadiri Haul Habib Sholeh di Jember, Netizen: Anies Baswedan Petugas Rakyat Bukan Petugas Partai

Jurnalis: Marno
Editor: Rudi

8 Mei 2023 01:04 8 Mei 2023 01:04

Thumbnail Hadiri Haul Habib Sholeh di Jember, Netizen: Anies Baswedan Petugas Rakyat Bukan Petugas Partai Watermark Ketik
Anies Baswedan disambut ribuan jemaah di acara Haul Akbar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Tanggul, Jember, Jawa Timur, Minggu (7/5/2023) pagi. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

KETIK, JEMBER – Kehadiran bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan disambut ribuan jemaah di acara Haul Akbar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Tanggul, Jember, Jawa Timur, Minggu (7/5/2023) pagi.

Kedatangan Anies disambut para pendukungnya dengan minta foto bersama. Bahkan Anies dengan sabar membidikan HP untuk berswafoto dengan para jemaah.

"Sebuah kehormatan untuk mewakili keluarga besar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid memberikan sambutan selamat datang kepada para jamaah yang hadir hari ini," ujar Anies Baswedan di akun Instagram @aniesbaswedan.

Menurut Anies kehadirannya untuk meneladani perjuangan dakwahnya. "Kita sering mendengar kesaksian luar biasa tentang Habib Sholeh, doanya makbul, kedermawanannya masyhur," ujarnya.

Demikian juga ilmunya, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, sastranya yang berlimpah yang menggambarkan kemampuan mewujudkan apa dalam pikiran dan batin menjadi kalimat-kalimat yang luar biasa.

Anies mengatakan karomah Habib Sholeh menawarkan solusi bagi setiap persoalan umat. Begitu banyak yang menemui habib membawa masalah, pulang selesai masalah. "Insya Allah kita semua yang hadir di haul ini bisa merasakan hal itu," ucapnya.

Gara-gara ada acara haul ini, jalan utama Lumajang ke Jembe lewat Tanggul ditutup. Kendaraan dari arah Lumajang diarahkan melewati jalur selatan Kencong. Begitu juga sebaliknya dari arah Jember juga melewati jalur selatan, Balung.

Seperti diketahui saat berada di Jember Anies bersamaan dengan jadwal Ganjar Pranowo, bacapres PDIP yang berkonsolidasi yang juga di Kota Suwar Suwir itu.

Ganjar sempat sarapan ke warung Nasi Semeru Bu Ambra di Jalan Citarum Jember. Di warung sederhana itu, Ganjar lahap menikmati pecel yang dilengkap kuah lodeh nangka muda dan kering tempe. "Saya baru pertama makan pecel ditambahi jangan (sayur lodeh) dan kering tempe, ternyata enak," ujarnya

Anies sebenarnya juga dijadwal menikmati menu sarapan pecel seperti yang dinikmati Ganjar Pranowo. Bedanya Anies Baswedan sedianya akan sarapan di warung Nasi Pecel Walisongo. Namun rencana sarapan tersebut ternyata dibatalkan oleh tim Anies Baswedan.

Anies menghadiri salat subuh berjamaah di Masjid Al Ghofilin. Usai salat jamaah, Anies beramah tamah dengan KH Baiquni Purnama, Pengasuh Majelis Sholawat Al Ghofilin.

Foto Anies berswafoto dengan jemaah di Haul Akbar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Tanggul, Jember. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)Anies berswafoto dengan jemaah di Haul Akbar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Tanggul, Jember. (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Ternyata Gus Baiqun sudah menyiapkan sarapan untuk sang capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini. "Kami menyiapkan sup iga, lontong serta kue," jelas Gus Baiqun. Anis Naswedan bersama rombongan pun lahap menikmati sarapan lontong dan sup iga.

Menariknya saat Anies mengunggah foto-foto acara Haul Akbar Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Tanggul, Jember di Instagram, ada netizen yang berkomentar.

Dia membanding dengan bacapres Ganjar Pranowo yang menjadi petugas partai PDIP seperti yang sering dilontarkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"2024-2010 the leadership & petugas rakyat, Anies Baswedan bukan petugas partai," tulis akun Instagram @kcong-rohim. (*)

Tombol Google News

Tags:

Anies Baswedan Ganjar Pranowo Haul Habib Sholeh pilpres2024 pemilu2024