Gunakan Bahan Ini untuk Kurangi Gejala Perih Asam Urat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

2 Desember 2023 22:38 2 Des 2023 22:38

Thumbnail Gunakan Bahan Ini untuk Kurangi Gejala Perih Asam Urat Watermark Ketik
Seledri. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Asam urat merupakan penyakit yang banyak diderita, terutama oleh orang lanjut usia. Penyakit ini membuat seseorang harus berhati-hati dalam memilih makanan agar kadar asam uratnya tidak naik secara drastis.

Karena jika sampai naik terlalu tinggi, maka akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri sehingga perlu untuk diatasi dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. 

Namun jika terlanjut timbul gejala nyeri, beberapa bahan alami ini dapat digunakan untuk meringankan gejala yang timbul. Bahan-bahan ini nantinya dapat diolah menjadi minuman sehat.

1. Jahe

Sejak dahulu jahe dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiatnya adalah mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam urat. Meminum air rebusan jahe juga dapat memberikan rasa hangat di tubuh dan memperkuat sistem imun.

Foto Jahe dan jeruk lemon. (Foto: Pexels)Jahe dan jeruk lemon. (Foto: Pexels)

2. Campuran Cuka Apel, Lemon dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit dapat menjadi kombinasi bahan yang berkhasiat untuk meredakan asam urat. Cara pembuatannya pun cukup mudah, pertama campurkan air perasan jeruk lemon ke dalam segelas air hangat. Setelah itu Tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. 

Untuk takaran tidak ada aturan baku, semua dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Kunyit sendiri mengandung senyawa anti-inflamasi dan lemon yang kaya akan vitamin C mampu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

3. Buah Ceri

Selain mengandung vitamin C, buah ceri juga kaya akan senyawa flavonoid yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain itu  ada senyawa antisiasin yang bisa mencegah kambuhnya gejala asam urat. Kandungan antisiasin ini memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan.

Buah ceri dapat diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung. Jika ingin dijadikan jus jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum di proses.

4. Seledri

Seledri diketahui dapat mengurangi peradangan sehingga dapat dijadikan obat tradisional. Seledri dapat diolah menjadi jus, minuman ini bisa dikonsumsi beberapa kali sehari. Konsumsi jus seledri secara rutin dapat membantu memelihara daya tahan tubuh. Biji sayuran ini diketahui dapat memberi perlindungan dari peradangan yang disebabkan oleh asam urat.(*)

Tombol Google News

Tags:

asam urat nyeri gejala Jahe Lemon buah ceri seledri