Gubernur Khofifah Kukuhkan 76 Paskibraka Provinsi Jawa Timur, Suasana Haru Mewarnai

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

16 Agustus 2023 14:50 16 Agt 2023 14:50

Thumbnail Gubernur Khofifah Kukuhkan 76 Paskibraka Provinsi Jawa Timur, Suasana Haru Mewarnai Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat memberikan selamat kepada para anggota Paskibraka Jawa Timur, Rabu (16/8/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Jatim 2023, di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (16/8/2023).

Mereka merupakan putra-putri terbaik yang berasal dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan keputusan oleh Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur Eddy Supriyanto. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi mencium bendera merah putih oleh Komandan Upacara QQ Maulana asal SMAN 1 Kota Blitar.

Gubernur Khofifah mengatakan tugas dari Paskibraka merupakan tugas yang mulia, tidak hanya sekedar mengibarkan sang merah putih atau kegiatan baris berbaris. Paskibraka merupakan salah satu upaya merawat dan menjaga NKRI dan sebagai salah satu sarana adalah menjaga nilai-nilai kebhinekaan.

“Tugas sebagai tim Paskibraka pada posisi apapun adalah penting, karena itu adalah tugas negara dan itu tugas mulia," terang Khofifah.

Diakhir Gubernur Khofifah berpesan untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya. Dan mendoakan agar mereka diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengemban tugas negara pada 17 Agustus 2023 besok.

“Selamat bertugas, mudah-mudahan anak-anak semua diberikan kesehatan, kekuatan, kelancaran, dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas," pungkasnya.

Foto Prosesi pengukuhan Paskibraka tingkat Provinsi Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi, Rabu (16/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Prosesi pengukuhan Paskibraka tingkat Provinsi Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi, Rabu (16/8/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Salah satu anggota Paskibraka Jatim, Norma Febriani -siswa SMAN 1 Lumajang- merasa terharu. Berbeda dengan teman-temannya yang lain, ia mengaku kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai kuli bangunan tidak bisa mendampingi lantaran sakit.

“Ayah sedang sakit dan tidak bisa berjalan jauh. Ibu baru selesai operasi diabetes dan sedang menjalani pemulihan," ujar Norma.

Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya esok (17/8) akan diselenggarakan dua kali. Yakni pengibaran bendera pukul 08.00 WIB dan juga penurunan bendera pukul 15.30 WIB.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini sebanyak 76 Paskibraka Jawa Timur akan mengikuti upacara baik pengibaran dan penurunan bendera dilakukan dengan formasi penuh. 

Selain 76 Paskibraka yang akan bertugas di halaman Gedung Negara Grahadi, dua Paskibraka asal Jatim tahun ini terpilih sebagai Paskibraka Nasional yang akan melaksanakan tugas di Istana Negara. (*)

Tombol Google News

Tags:

Paskibraka Jatim Pengukuhan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Merah Putih Gedung Grahadi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa