Gempa M 4,9 Guncang Laut Malang Selatan, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

13 Agustus 2024 09:24 13 Agt 2024 09:24

Thumbnail Gempa M 4,9 Guncang Laut Malang Selatan, BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan Watermark Ketik
Info Grafis Gempa bumi di Malang. (Foto : BMKG)

KETIK, MALANG – Peristiwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,9 terjadi di laut Malang Selatan, Selasa, (13/8/2024). Guncangan gempa dirasakan masyarakat hanya sebentar sekitar 3-5 detik. .

Dilansir aplikasi WRS-BMKG, gempa terjadi pukul 10.03 WIB. Pusat gempa berada di laut 115 kilometer tenggara Kabupaten Malang. Gempa tersebut memiliki kedalaman 57 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

"Sejauh ini anggota yang ada di lapangan masih melakukan pemantauan," ujarnya. Lebih lanjut ia mengatakan, menurut laporan, hanya sebagian masyarakat yang merasakan getaran gempa.

Sementara itu, Kepala BMKG Satgeo Karangkates, Ma'muri mengatakan, getaran gempa terjadi di beberapa wilayah luar Malang Raya. "Getaran gempa dirasakan hingga Blitar, Jember dan Lumajang," ucapnya.

Ia mengatakan, jenis gempa adalah gempa dangkal dan tidak ada gempa susulan. "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena terjadinya gempa bumi belum bisa diprediksi," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gempa Malang Malang Kabupaten Malang Gempa Bumi