Gelar Bazar Ramadan, Rengganis Gandeng UMKM di Kecamatan Tanggul

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

21 Maret 2023 03:37 21 Mar 2023 03:37

Thumbnail Gelar Bazar Ramadan, Rengganis Gandeng UMKM di Kecamatan Tanggul Watermark Ketik
Sego Babat Den Bagoes, salah satu UMKM yang berpartisipasi di Bazar Ramadan Selera Nusantara (Foto: Fenna/ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Menjelang bulan suci Ramadan, Rengganis berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Salah satunya dengan menggelar Bazar Ramadan Selera Nusantara dengan menggandeng enam UMKM yang berada di Tanggul.

Bazar Ramadan Selera Nusantara diadakan di depan Rengganis Coffee Cup Roastery yang berada di Jalan Urip Sumoharjo nomor 10. Bazar Ramadan resmi dibuka pada Senin (20/3/2023) sore dan akan berlangsung selama satu bulan penuh di bulan Ramadan.

Foto Suasana saat pembukaan Bazar Ramadan Selera Nusantara di Tanggul, Jember (Foto: Fenna/ketik.co.id)Suasana saat pembukaan Bazar Ramadan Selera Nusantara di Tanggul, Jember (Foto: Fenna/ketik.co.id)

UMKM yang ikut serta dalam kegiatan bazar ini di antaranya Sego Babat Den Bagoes, Sate Madura, Ayam Geprek Wongso, Bistik Ayam Bu Sri, dan Verin Cake.

Salah satu pemilik UMKM yang tergabung mengaku sangat terbantu dengan diadakannya Bazar Ramadan ini. Hamid, selaku pemilik Sego Babat Den Bagoes membeberkan jika ia baru membuka usahanya di bazar tersebut.

“Harus diapresiasi karena dengan adanya Bazar Ramadhan ini kita sebagai UMKM itu merasa dibantu. Pertama untuk pengenalan apalagi seperti brand saya dari Sego Babat Den Bagoes ini baru hari ini pertama launching,” terang Hamid.

Hamid berharap kegiatan bazar seperti ini dapat diadakan lebih sering lagi dan lebih banyak lagi UMKM yang bergabung dan meramaikan event bazar yang akan datang.

Sementara itu, Budi selaku ketua pelaksana mengaku memanfaatkan momen bulan Ramadan untuk meningkatkan daya jual UMKM. Karena selama bulan Ramadan, masyarakat kerap membeli makanan untuk berbuka dan sahur.

“Ingin menggiatkan kembali UMKM yang ada, memberikan fasilitas dan ruang untuk UMKM yang mau naik kelas atau baru buka. Misi kami memberikan kesempatan bagi mereka untuk dilihat calon market yang belum pernah dijangkau sebelumnya,” terang Budi yang juga owner Rengganis.

Ia menambahkan jika target utama bazar ini dapat memberikan fasilitas prospek pasar, menjangkau sasaran pasar, serta sarana promosi melalui sosial media.

Tak berhenti di situ, ia juga berencana mengadakan kembali kegiatan bazar di waktu mendatang. “Kita akan lihat nanti bagaimana respon masyarakat. Dan nantinya kita bikin bazar lebih terkonsep dan menjadi event tahunan,” tutup Budi.

Tombol Google News

Tags:

Ramadhan 2023 bazar UMKM selera nusantara Tanggul Jember rengganis coffee cup roastery