Fokus pada Kepemimpinan Perempuan, Naviatus Sholikhah Resmi Pimpin Kopri Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

10 Mei 2024 01:05 10 Mei 2024 01:05

Thumbnail Fokus pada Kepemimpinan Perempuan, Naviatus Sholikhah Resmi Pimpin Kopri Kota Malang Watermark Ketik
Naviatus Shalikhah terpilih memimpin Kopri Kota Malang. (Foto: Navis untuk Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Naviatus Shalikhah atau Navis resmi menahkodai Korps PMII Putri (Kopri) Kota Malang selama 2024-2025. Selama masa kepemimpinannya itu salah satu gagasan yang ia kembangkan ialah pengembangan kepemimpinan perempuan.

Navis terpilih menjadi Ketua Kopri Kota Malang melalui Konferensi Cabang XLVII pada 9 Mei 2024 di Kantor KNPI Kota Malang. Sebelumnya Navis telah aktif mengembangkan dirinya di salah satu organisasi mahasiswa ekstra kampus, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Rekam kepemimpinannya dimulai ketika ia berproses dalam kaderisasi PMII di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

Tekadnya dalam mengembangkan kepemimpinan perempuan ditunjukkan ketika ia mulai menjabat sebagai Ketua Kopri Rayon Ekonomi. Kegigihannya pun diakui rekan pergerakannya hingga terpilih kembali menjadi Ketua Kopri Komisariat Sunan Ampel atau setingkat kampus.

Berproses di Kopri juga memberikannya bekal dalam memahami nilai-nilai kesetaraan dan pentingnya kepemimpinan bagi perempuan. Terlebih ia tak pernah absen dalam mengikuti jenjang kaderisasi baik di tingkat PMII maupun Kopri.

Tak berhenti di situ, Navis mencoba tantangan baru dengan menjabatnya ia sebagai Sekretaris di Kopri Cabang Kota Malang.

Mulai dari Masa Penerimaan Anggota dan Sekolah Islam Gender tahun 2017, Pelatihan Kader Dasar dan Sekolah Kader Putri Tahun 2018. Sampai Sekolah Kader KOPRI Tahun 2019 dan Pelatihan Kader Lanjut Tahun 2022.

Dalam mengemban amanahnya nanti, Navis sudah mengantongi beberapa ide dan gagasan untuk keberlanjutan kepengurusan yang lalu. Ia akan berfokus beberapa hal;

1. Pengembangan Kepemimpinan Perempuan: Mempersiapkan kader-kader perempuan yang kuat dan berkompeten dalam berbagai bidang, terutama kepemimpinan.

2. Penguatan Jejaring dan Kolaborasi: Membangun hubungan yang erat dengan berbagai pihak, baik di internal PMII maupun dengan organisasi lain, untuk memperkuat posisi perempuan dalam berkontribusi.

3. Program Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat: Melaksanakan program pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan kader perempuan, serta aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

4. Pemberdayaan Ekonomi Perempuan: Mendorong partisipasi perempuan dalam kegiatan ekonomi dan memberikan dukungan terhadap usaha kecil dan menengah yang dimiliki oleh kader.

5. Keadilan Gender dan Inklusi Sosial: Memperjuangkan kesetaraan gender dan inklusi sosial dalam seluruh kegiatan Kopri Cabang PMII Kota Malang.

6. Peningkatan Literasi dan Intelektualitas: Mengadakan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan literasi dan intelektualitas kader perempuan.

7. Pengembangan Organisasi yang Berkelanjutan: Menyusun program kerja yang berkelanjutan dan mendukung pertumbuhan Kopri Cabang PMII Kota Malang secara jangka panjang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ketua Kopri Kota Malang PMII Kota Malang Korps PMII Putri Kopri Kota Malang