Final Sepak Bola SEA Games, Misi Indonesia Hapus Dahaga Emas 32 Tahun!

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Moch Khaesar

16 Mei 2023 02:41 16 Mei 2023 02:41

Thumbnail Final Sepak Bola SEA Games, Misi Indonesia Hapus Dahaga Emas 32 Tahun! Watermark Ketik
Timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. (Foto: PSSI.org)

KETIK, JAKARTA – Partai puncak cabang olah raga sepak bola SEA Games 2023 Kamboja akan mempertemukan Tim U-23 Indonesia melawan Thailand di Olympic Stadium, Phnom Penh, malam nanti (live RCTI 19.30 WIB).

Melihat rekor pertemuan di SEA Games, Thailand memang momok sekaligus lawan tangguh untuk skuad Merah Putih. Dari 23 kali pertemuan, timnas Garuda baru meraih lima kemenangan.

Itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. Sementara Thailand meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang.

Namun, Indonesia kali ini mempunyai modal bagus melawan Thailand. Tim Asuhan Indra Sjafri selalu menang dalam lima pertandingan yang dijalani untuk melaju ke final. Bahkan musuh bebuyutan Vietnam pun dikalahkan Rizky Ridho, dkk dengan skor tipis 3-2.

Lebih lanjut, Indra mengatakan di pertandingan final ini anak asuhnya siap tempur. Menurutnya selama menuju pertandingan puncak ini timnya sudah berproses dari empat pertandingan di grup dan satu di semifinal. Dan semua proses itu telah dilalui dengan baik.

Foto Para pemain Indonesia di SEA Games 2023. (Foto: PSSI.org)Para pemain Indonesia di SEA Games 2023. (Foto: PSSI.org)

"Saya berharap dan kami sudah berkomitmen dengan para pemain besok kita memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita. Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tetapi secara regulasi besok kita tidak bisa mainkan dia, jadi kita besok main dengan skuat 19 pemain dan semua pemain tersebut siap bermain serta memberikan penampilan terbaik," ucap Indra Sjafri dalam rilis PSSI.

Ini adalah kali keempat, timnas Indonesia melawan Thailand di final SEA Games. Tim Garuda mengusung misi mengakhiri paceklik emas sepak bola SEA Games yang telah berlangsung selama 32 tahun.

Kali terakhir Indonesia menjadi kampiun sepak bola SEA Games pada edisi 1991 di Manila, Filipina. Saat itu Indonesia mengalahkan Thailand lewat adu penalti 4-3 setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal.

"Terima kasih kepada para suporter, baik itu yang langsung ke Kamboja, ini tanggung jawab kita bersama dan harus diselesaikan. Termasuk yang ada di Indonesia, mungkin lewat TV dan tentu kami meminta supportnya. Mudah-mudahan atas izin Allah kita bisa mewujudkan keinginan kita di mana sudah 32 tahun tidak medali emas," tutup Indra.(*)

Tombol Google News

Tags:

SEA Games final sepak bola Indra Sjafri