Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

17 Januari 2023 07:55 17 Jan 2023 07:55

Thumbnail Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Penjara Seumur Hidup  Watermark Ketik
Ferdy Sambo saat menjalani proses persidangan. (Foto: Antara) 

KETIK, JAKARTA – Mantan Kepala Divisi Propam Polri Ferdy Sambo dituntut pidana penjara seumur hidup dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. 

Jaksa penuntut umum (JPU) meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan Sambo terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ferdy Sambo dengan pidana penjara seumur hidup," ujar jaksa saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2023). 

Sambo dinilai terbukti melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. 

Selain itu, Sambo dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan obstruction of justice atau perintangan penyidikan kematian Brigadir J.  

Ia dianggap telah melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 Undang-Undang No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. 

Jaksa mengungkapkan hal yang memberatkan Sambo yaitu mengakibatkan hilangnya nyawa korban Nofriansyah Yosua Hutabarat dan duka yang mendalam bagi keluarga korban. 

Selain itu Sambo juga dianggap telah memberikan keterangan yang berbelit-belit dan tidak mengakui kesalahannya selama di persidangan. 

"Perbuatannya menimbulkan keresahan masyarakat," tambah jaksa. 

Dalam sidang tuntutan tersebut, Jaksa menilai tak ada hal yang meringankan tuntutan Ferdy Sambo. 

"Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan satu menyatakan terdakwa Ferdy Sambo telah terbukti secara sah dan meyakinkan secara bersama sama Pasal 340 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ungkap jaksa. 

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ferdy Sambo dengan pidana penjara seumur hidup," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ferdy Sambo Brigadir J Polri Yosua