Es Krim Omg dan Tridi Antarkan Kota Batu Raih Inotek Award Jatim 2023

Jurnalis: Sholeh
Editor: Marno

9 Oktober 2023 12:48 9 Okt 2023 12:48

Thumbnail Es Krim Omg dan Tridi Antarkan Kota Batu Raih Inotek Award Jatim 2023 Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu menerima penghargaan dari Gubernur Jatim, dalam Inotek Award Ceremony 2023 dan Launching Aplikasi Jatim Berdasi, Senin (9/10/2023).(Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Es Krim Organik Milik Giripurno (OMG) dan Tridi (Pestisida Nabati) berhasil meraih penghargaan Inovasi Teknologi (Inotek) Award Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.

Es krim OMG merupakan inovasi Kelompok Wanita Tani Puspa Kencana Desa Giripurno yang menerima penghargaan kategori Inovasi Teknologi di Bidang Ekonomi. Sedangkan, Tridi inovasi Kelompok Tani Muda Desa Bulukerto menerima penghargaan kategori Inovasi Teknologi di Bidang Non Ekonomi. 

Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menerima langsung penghargaan tersebut dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam Inotek Award Ceremony 2023 dan Launching Aplikasi Jatim Berdasi, di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Senin (9/10/2023).

"Inovasi yang lahir dari masyarakat bisa menjadi pemicu motivasi yang lain untuk bergerak bersama, dengan inovasi-inovasi yang lain mimpi kemajuan kota Batu terima kasih kepada semua yang terlibat," kata Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai. 

Menurut Aries, Kelompok Wanita Tani Puspa Kencana Dusun Sawahan, Desa Giripurno berhasil menciptakan Es Krim yang berasal dari sayuran.

Es krim tersebut bisa untuk memenuhi gizi terhadap anak-anak yang cenderung tak menyukai sayur. 

"Dan diharapkan nanti bisa menurunkan angka stunting di Desa Giripurno. Karena eskrim ini sebagai alternatif bagi anak anak yang tidak menyukai sayur," tambahnya.

Sementara itu, Tridi inovasi Kelompok Tani Muda Desa Bulukerto berhasil meningkatkan kualitas produksi buah apel. Inovasi itu merupakan pengembangan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan dan bisa diaplikasikan pada komoditas hortikultura. Baik buah, sayuran, maupun bunga potong. 

Selanjutnya, Aries menyampaikan terima kasih atas inovasi, baik Kelompok Wanita Tani Puspa Kencana Desa Giripurno, dan Kelompok Tani Muda Desa Bulukerto, yang berkomitmen membuat inovasi untuk kemajuan Kota Batu.

"Penghargaan dua inovasi tersebut telah melewati tahapan dari bulan Mei hingga Agustus 2023. Dan berhasil masuk nominasi menyisihkan puluhan inovasi dari daerah lain," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Inotek Award Gubernur Jawa Timur