Empuk dan Segarnya Nasi Empal Sayur Asem Khas Varna Hotel

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

26 Februari 2023 06:50 26 Feb 2023 06:50

Thumbnail Empuk dan Segarnya Nasi Empal Sayur Asem Khas Varna Hotel Watermark Ketik
Chef Sulistiawan saat mempersiapkan hidangan Nasi Empal Sayur Asem di Varna Culture Hotel. (Foto: Shinta/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Sayur asem adalah menu yang biasa disajikan dengan kuah dan isian sayurannya hampir sama dengan sayur lodeh.

Namun, sayur asem tanpa adanya santan sehingga memiliki cita rasa yang gurih, manis, pedas dan asam yang bercambur menjadi satu.

Sayur asem dengan rasa yang juara dan bumbunya sangat medok ini dimiliki oleh Varna Culture Hotel Surabaya. Tidak hanya itu, empal atau daging goreng yang digunakan juga sangat nikmat dan juga empuk.

Diungkapkan oleh Sulistiawan Executive Chef Varna Culture Hotel, proses pemasakan dari daging gorengnya sendiri butuh waktu kurang lebih 2 jam. Ini bertujuan untuk meresapkan bumbu dan mengempukkan daging agar mudah disuwir.

"Setelah selama dua jam daging empal direbus bersama bumbu, selanjutnya adalah menggoreng daging tersebut," jelasnya.

Mengenai bumbu yang dipakai untuk empal goreng, Chef Sulistiawan menjelaskan bumbu yang digunakan di antaranya bawang merah, bawah putih, ketumbar, jinten, kemiri dan beberapa pelengkap lainnya. Bumbu dihaluskan dan digoreng hingga harum agar tidak memberikan rasa langu. 

Foto Satu paket Nasi Empal Sayur Asem. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)Satu paket Nasi Empal Sayur Asem. (Foto: Shinta/Ketik.co.id)

Menu ini menjadi primadona di Varna Culture Hotel. Resepnya ditemukan oleh Chef Sulistiawan sehingga menciptakan rasa yang pas dan medok untuk masyarakat Surabaya.

"Isian beda. Biasanya ada yang dari Jakarta atau daerah lain versinya beda. Tapi ini kumpulan beberapa daerah, seperti di Jawa Timur tidak pakai kacang. Di sini ada, ada juga daun so dan melinjo,” jelasnya.

Tambahan bahan lain yakni jagung, sayur kol, tomat merah dengan bumbu cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, laos, daun salam dan asam jawa matang.

“Kami buat dengan rasa yang kuat,” katanya.

Untuk menikmati menu makanan spesial ini, Varna Culture Hotel buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp59 ribu sudah mendapat satu paket nasi, empal dan sayur asem.

Yuk mampir dan rasakan medoknya bumbu sayur asam khas Varna Culture Hotel. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Sayur asem Varna Culture Hotel nasi empal