Dukungan Semakin Kuat, Lucianty-Syaparuddin Diprediksi Menangkan Pilkada Muba

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Millah Irodah

25 Oktober 2024 15:43 25 Okt 2024 15:43

Thumbnail Dukungan Semakin Kuat, Lucianty-Syaparuddin Diprediksi Menangkan Pilkada Muba Watermark Ketik
Calon Bupati Musi Banyuasin nomor urut 01, Lucianty. (Foto: Tim Pemenangan Lucianty for Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Musi Banyuasin (Muba) 2024, dukungan masyarakat terhadap pasangan nomor urut 01, Lucianty-Syaparuddin semakin menguat.

Beragam elemen masyarakat mulai dari kaum muda, petani, nelayan, pelaku UMKM, hingga tokoh agama dan ulama memberikan dukungan penuh kepada pasangan ini.

Pengamat politik Muhammad Haekal Al-Haffafah menilai bahwa meningkatnya elektabilitas Lucianty adalah hasil dari program yang jelas dan rekam jejak manajerial yang kuat. "Ini membuat masyarakat percaya bahwa dia dapat membawa perubahan nyata di Muba," kata Haekal, Jumat 25 Oktober 2024.

Dia menjelaskan, popularitas Lucianty tidak tergoyahkan. Meskipun sempat dihadapkan pada isu negatif terkait masa lalunya sebagai mantan narapidana kasus korupsi, namun dukungan masyarakat tetap mengalir kepadanya.

Bahkan, sejumlah kiai dan pemimpin agama di Muba menegaskan bahwa niat tulus dan komitmen Lucianty untuk membangun kabupaten ini jauh lebih penting daripada membahas masa lalunya.

Oleh karena itu, Haekal menegaskan, dalam beberapa pekan terakhir, Lucianty berhasil menarik simpati masyarakat dengan program-program konkret yang ditawarkan.

Sementara itu, Pengamat politik Sumatera Selatan, Bagindo Togar menambahkan, masyarakat Muba membutuhkan pemimpin yang bersih, berintegritas, dan siap membawa perubahan positif. Menurutnya, pasangan Lucianty-Syaparuddin telah memenuhi kriteria-kriteria tersebut.

Di sisi lain, pasangan calon pesaing nomor urut 02, Toha-Rohman justru menghadapi tantangan berat karena keraguan publik yang meningkat.

Bagindo membeberkan, sejumlah laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye, termasuk money politic, semakin memperburuk citra Toha-Rohman.

"Masyarakat Muba membutuhkan pemimpin yang bersih, berintegritas, dan siap membawa perubahan positif. Lucianty-Syaparuddin memenuhi kriteria tersebut, sedangkan pesaing mereka justru menghadapi tantangan dengan isu kepercayaan publik," ungkapnya.

Dengan momentum yang terus membesar, Bagindo memprediksi, pasangan Lucianty-Syaparuddin akan unggul di Pilkada Muba 2024. Mereka dinilai mampu menghadirkan solusi konkret untuk memperbaiki kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta membawa perubahan nyata di Muba.

Hasil survei elektabilitas Lucianty-Syaparuddin

Hasil survei terbaru Pusat Kajian Pemilu Indonesia (PUSKAPI) yang dirilis pada Rabu, 23 Oktober 2024 lalu, menunjukkan bahwa pasangan Lucianty-Syaparuddin menempati posisi teratas dengan elektabilitas mencapai 48,4%.

Tingkat popularitas Lucianty juga mencapai 96,8%, di mana hal ini turut menjadi kunci keberhasilan pasangan nomor urut 01 dalam meraih simpati publik. Hampir seluruh masyarakat di Musi Banyuasin mengaku mengenal sosoknya, menempatkannya di posisi terdepan dalam persaingan politik.

Kedua faktor ini sangat penting dalam Pilkada Muba, apalagi saat masyarakat menghadapi sejumlah tantangan seperti mahalnya harga kebutuhan pokok dan minimnya lapangan pekerjaan. Masyarakat memberikan kepercayaan kepada Lucianty-Syaparuddin untuk memecahkan masalah tersebut.

Selain itu, dari hasil survei di atas, pasangan ini dinilai sopan dan berwibawa oleh 8 persen responden, cerdas dan pintar oleh 7,5 persen responden, serta dermawan oleh 3,5 persen responden.

Keunggulan ini tidak lepas dari strategi kampanye yang agresif dan terstruktur, serta pendekatan langsung ke berbagai kalangan masyarakat, terutama pemilih muda dan kelompok masyarakat rentan.

Direktur Eksekutif PUSKAPI, Zainal Abidin Rian menyatakan, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 440 orang, margin of error 4,8%, dan tingkat kepercayaan 95%. (*)

Tombol Google News

Tags:

lucianty syaparuddin Bupati Musi Banyuasin Pilkada 2024 politik muba