Dukungan Ponorogo Jadi Kota Kreatif Dunia Semakin Menguat, Ini Alasannya

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

23 Mei 2023 15:52 23 Mei 2023 15:52

Thumbnail Dukungan Ponorogo Jadi Kota Kreatif Dunia Semakin Menguat, Ini Alasannya Watermark Ketik
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memimpin rapat koordinasi di Ruang Bantarangin, bersama Komite Eksekutif(ICCN Wilayah Jawa Timur. (Foto: Humas Pemkab Ponorogo)

KETIK, PONOROGO –  Dukungan Ponorogo menjadi jejaring kota kreatif dunia atau UNESCO Creative Ceties Network (UCCN) semakin menguat.

Setelah sebelumnya dinobatkan menjadi bagian dari jejaring kabupaten/kota (KaTa) kreatif Indonesia atau Indonesia Creative Cities Network (ICCN) di Semarang oleh Kemenparekraf.

Dukungan agar Ponorogo menjadi UNESCO Creative Ceties Network (UCCN)  terus mengalir, mulai dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Ponorogo, organisasi kemasyarakatan (ormas), akademisi, hingga pelaku ekonomi kreatif.

Hal itu setelah Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko memimpin rapat koordinasi di ruang Bantarangin, bersama Komite Eksekutif Indonesian Creative Ceties Network (ICCN) wilayah Jawa Timur dan OPD terkait hingga kepala desa serta pelaku ekonomi kreatif menandatangani komitmen membangun ekosistem industri kreatif dan mengantarkan Kabupaten Ponorogo masuk UCCN.

“Kami sudah masuk ICCN yang sebentar lagi kita dorong untuk UCCN. Mudah mudahan bisa goal. Semua lapisan kita undang kami ajak untuk mewujudkan itu,” ucap Bupati Sugiri Sancoko.

Bupati mengatakan membangun ekosistem industri kreatif yang kuat dan menjadi bagian dari UCCN, sangat penting diupayakan. Dengan begitu, diyakini semua potensi ekonomi dapat bergerak dan dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Ketika kota kreatif muncul maka Ponorogo ini akan mendunia. Semua akan tumbuh secara organik, kincir ekonomi akan bergerak,” jelasnya.

Namun, lanjut Kang Bupati hal tersebut bisa diwujudkan jika semua lapisan bergerak ke arah yang sama, dan berperan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

 “Kreatif ini kan bukan hanya saya tapi kita harus melibatkan semua unsur terutama OPD harus komitmen, ormas di lininya, tenaga Kesehatan di lininya, petani di lininya, siapa melakukan apa serta berkolaborasi, ” tegasnya

Komite Eksekutif Indonesian Creative Ceties Network (ICCN) wilayah Jawa Timur Vicky Arief Herinadharma, mengatakan peluang Ponorogo untuk mengembangkan industry kreatif dan masuk UCCN terbuka lebar. Modal besar dimiliki Kabupaten Ponorogo dengan kesenian Reog-nya.

Selain menjadi identitas kabupaten, keberadaan Reog tersebut nyata-nyata mampu menghidupi berbagai elemen masyarakat dengan begitu banyaknya turunan ekonomi kreatif dari kesenian tersebut.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Ponorogo, dia menyatakan siap mendukung membangun ekosistem industri kreatif dan membawa Ponorogo menjadi bagian dari UCCN.

“Reog ternyata cukup banyak menggerakkan elemen masyarakat. Alat musiknya, bisa kita lihat ada bahan baku dan perajin. Berikutnya bagaimana konsentrasi pemerintah Ponorogo, SDM dan edukasinya benar benar terus digalakkan. Jika kita kumpulkan itu tadi sudah lengkap secara ekosistem, ini cukup keren dan secara organik cukup kuat,” ungkapnya (*)

Tombol Google News

Tags:

Ponorogo Kota Reog Kesenian Reog Ponorogo Kota Kreatif Dunia ICCN Jawa Timur Ponorogo Hari Ini