Dua Kloter Calon Jemaah Haji Embarkasi Palembang Terbang Langsung Dari Bandara SMB II Ke Madinah

Editor: Bubun Kurniadi

12 Mei 2024 17:00 12 Mei 2024 17:00

Thumbnail Dua Kloter Calon Jemaah Haji Embarkasi Palembang Terbang Langsung Dari Bandara SMB II Ke Madinah Watermark Ketik
Sebanyak 450 calon jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 dan 448 calon jemaah haji kloter 2 Embarkasi Palembang, diberangkatkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Madinah Arab Saudi. (Foto:Wahyu Rahmanto. Ketik.co)

KETIK, PALEMBANG – Sebanyak 450 calon jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 dan 448 calon jemaah haji kloter 2 Embarkasi Palembang, diberangkatkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Madinah Arab Saudi.

Kloter 1 asal Musi Banyuasin dan Palembang ini Minggu (12/5/2024) sebelumnya dilepas Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni, dirinya berpesan kepada jemaah, agar mereka fokus ibadah. Jemaah tidak perlu mencemaskan soal makanan karena pemerintah sudah menyiapkan menu-menu yang sesuai dengan selera nusantara. Ada juga menu yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan jemaah. 

“Banyak orang yang ingin berangkat haji, tapi belum bisa berangkat. Manfaatkan waktu selama 40 hari perjalanan ibadah haji untuk fokus beribadah. Tetap jaga fisik dan kesehatan, jangan tergiur untuk banyak belanja. Terkait makanan, jangan khawatir, makanan Indonesia banyak. Jangan banyak jajan, belum tentu cocok dengan kita,” pesan Agus Fatoni. 

Agus juga menitipkan doa agar Sumsel semakin maju serta dijauhkan dari bala dan bencana, masyarakatnya sejahtera, aman, damai, dan sentosa. 

“Selamat menunaikan ibadah haji, semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan kesehatan kepada bapak ibu semua. Mudah mudahan kembali lengkap, jaga kesehatan, waktu panjang, cukup waktu untuk beribadah,” ujarnya 

Executive General Manager SMB II R Iwan Inaya Mahdar, telah memastikan semua persiapan untuk berlajan dengan sebaik-baiknya.

Mulai dari calon jemaah haji masuk asrama haji hingga datang ke bandara dan terbang menuju Madinah.

“ Kami pihak bandara SMB II Palembang beserta seluruh panitia memastikan agar semua berjalan dengan baik. Mulai dari calon jemaah haji masuk ke asrama haji, hingga masuk ke dalam pesawat dan takeoff dari bandara SMB II Palembang,” ujar Iwan

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan melepas keberangkatan 448 jemaah haji kloter 2 Embarkasi Palembang di Aula Asrama Haji Sumsel, Senin (13/05/2024) dinihari WIB. Syafitri meminta petugas sigap dan respon cepat dalam melayani jemaah.

“Saya berharap petugas kloter, baik ketua kloter, pembimbing ibadah, tenaga kesehatan, maupun petugas haji daerah agar sigap dalam melayani jemaah secara terus menerus,” pesan Syafitri. 

“Jangan menunggu diminta jemaah, namun jemput bola. Perhatikan kebutuhan jemaah. Semoga kondisi kesehatan jemaah haji tahun ini lebih baik,” tambahnya. 

Kepada para jemaah, Syafitri berpesan agar dapat menjaga fisik dan kesehatan dengan sebaik mungkin. Apalagi sebagian besar jemaah haji kloter 2 masuk kategori resiko tinggi (Risti).

“Ibadah haji adalah ibadah fisik. Jaga fisik dan kesehatan dengan sebaik mungkin. Luruskan niat, sampai tanah suci sampai kembali, yang tidak bermanfaat tinggalkan. Mudah-mudahan bapak ibu lancar melaksanakan ibadah hingga kembali dalam keadaan sehat selamat dan menjadi haji mabrur,” pesan Syafitri. 

Kloter 2 Embarkasi Palembang sendiri merupakan jemaah asal Kabupaten Muratara, Kota Lubuklinggau, dan Kota Palembang. Saat tiba di Asrama Haji pada 12 Mei, panitia menerima kedatangan 449 jemaah. Namun satu jemaah atas nama Nurseha Umar Alkap (52) asal Palembang terpaksa ditunda berangkat karena tidak laik terbang. Nurseha saat ini dirujuk di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang. 

“Jemaah kloter 2 sebagian besar masuk kategori resiko tinggi, mencapai 90,6 persen. Adapun jemaah termuda di kloter ini adalah Aflah Mulya Lubis (20) dan jemaah tertua Afisa Seton Bahri (90) asal Muratara,” jelas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Armet Dachil. .

Tombol Google News

Tags:

Jemaah Haji 2024 Haji 2024