Dua Kali Terima Pinangan PKS, PAN Harap Tetap Berjodoh di Pilbup Halsel 2024

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

2 Mei 2024 15:41 2 Mei 2024 15:41

Thumbnail Dua Kali Terima Pinangan PKS, PAN Harap Tetap Berjodoh di Pilbup Halsel 2024 Watermark Ketik
Tim Bacabup Bassam Kasuba dan Pengurus DPD PAN Halsel (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bakal calon Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba mengembalikan formulir pendaftaran di kantor DPD PAN Halsel, Kamis (2/4/2024). 

Puluhan relawan pendukung bakal calon Bupati Halmahera Selatan, Bassam Kasuba tiba di kantor DPD PAN pukul 15.11 WIT disambut ketua tim penjaringan Fardi Halifat, sekertaris DPD PAN Iswan Abubakar, ketua Bapillu Irfan Jalil dan jajaran pengurus. 

Liaison Office (LO) bakal calon Bupati Bassam Kasuba, Safar Hi Muhammad usai menyerahkan berkas persyaratan dan berharap kandidatnya diusung PAN di Pilbup Halsel. 

"Setelah pengembalian formulir pendaftaran ini Pak Bupati berharap selain PAN, semua partai lainnya juga ikut bergabung bersama PKS untuk berkoalisi memenangkan calon Bupati Bassam Kasuba di Pilkada tahun ini demi melanjutkan pemerintahan periode 2024-2029," terangnya. 

Kata Safar, bakal calon Bupati Bassam Kasuba juga sudah mengembalikan formulir pendaftaran di partai Demokrat, Hanura, PKB, dan Garuda.

"Sementara Partai Gerindra yang belum dikembalikan dijadwalkan dalam waktu dekat segera pengembalian formulir pendaftaran," akunya. 

Terpisah sekertaris PAN Halsel, Iswan Abubakar mengaku formulir dan berkas pendaftaran bakal calon Bupati yang sudah diserahkan selanjutnya diverifikasi kemudian ditetapkan dan disampaikan ke DPW PAN Malut. 

"Karena, PD PAN Halsel hanya menjalankan tugas mandatoring yaitu melakukan penjaringan, setelah pengembalian formulir pendaftaran dilengkapi berkas persyaratan calon Bupati kemudian disampaikan ke DPW PAN Malut tahap selanjutnya dipresentasikan ke DPP untuk melihat siapa figur potensial yang layak mendapatkan rekomendasi B1KWK," terangnya. 

Foto Suasana pengembalian formulir pendaftaran (Foto Mursal Bahtiar)Suasana pengembalian formulir pendaftaran (Foto Mursal Bahtiar)

Kata Iswan, PAN sudah pernah berjodoh atau berkoalisi dengan PKS di Pilgub Malut 2018 ketika mengusung Muhammad Kasuba dan Madjid Husen kemudian PAN juga berkoalisi dengan PKS dan 7 partai lainnya mengusung paslon Usman-Bassam di Pilkada Halsel tahun 2020.

"Jadi, PAN dengan partai PKS sudah 2 kali berjodoh. Apakah akan berjodoh ketiga kalinya di Pilbup Halsel atau tidak, bisa ya bisa tidak tergantung lincah melobi dan kordinasi dengan jajaran lintas pengurus DPD, DPW hingga ke DPP PAN," pungkasnya. 

Sementara Ketua Penjaringan DPD PAN Halsel, Fardi Halifat mengatakan tercatat sebanyak 10 bakal calon bupati/wakil bupati sudah mengambil formulir pendaftaran setelah pembukaan penjaringan 25 April dan akan segera ditutup 2 Mei 2024. 

"Tapi, dari 10 kandidat yang mengambil formulir penjaringan baru dikembalikan oleh 6 bakal calon Bupati yaitu, Muhtar Sumaila (Ketua DPD PAN), Bahrain Kasuba (Mantan Bupati), Rusdi Yusuf (Politisi Demokrat), Rosihan Jafar, Asmar Bani dan Bassam Kasuba," ungkapnya. 

Sedangkan kata Fardi, empat balon calon kepala derah yang belum kembalikan formulir yaitu Hj Eka Dahliani, Asmar Hi Daud, Agusti Talib dan Tahmid Wahab. 

"Mereka masih ada waktu sampai pukul 18.00 WIT. Bahkan masing-masing LO bakal calon Bupati juga sudah berkoordinasi untuk secepatnya mengembalikan formulir pendaftaran sebelum penutupan sore ini. Pastinya, kalau sudah tutup mereka belum kembalikan juga dinyatakan tidak ikut mendaftar di partai PAN," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

halmahera selatan Halsel Pengembalian Formulir pendaftaran calon Bupati Bacabup Bassam Kasuba Pilkada Halsel 2024 Partai Keadilan Sejahtera PKS Halsel DPP PAN Maluku Utara