DPRD Surabaya Wanti-Wanti Agar Penyaluran BLT Tepat Sasaran

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

8 Januari 2024 07:40 8 Jan 2024 07:40

Thumbnail DPRD Surabaya Wanti-Wanti Agar Penyaluran BLT Tepat Sasaran Watermark Ketik
Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khasanah. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – DPRD Surabaya meminta penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengganti bantuan permakanan yang mulai disalurkan oleh Pemkot Surabaya harus tepat sasaran.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah menjelaskan, semua pihak harus mengawasi penyaluran BLT, baik dari pihak RT, RW, kelurahan hingga kecamatan.

"Agar bantuan ini tepat sasaran, tidak diselewengkan dan penggunaanya tidak digunakan hal-hal lain yang tidak untuk kebutuhan sehari-hari," tuturnya pada Minggu (7/1/2024).

Khusnul merinci, di tahun 2024 ini total penerima BLT permakanan sebanyak 8.310 orang. Jumlah ini diambil dari penerima program permakanan triwulan IV tahun 2023 sebanyak 1.045 warga dan sisanya dari updating Pemkot sebanyak 7.265 orang.

"BLT permakanan ini dilakukan secara bertahap oleh masing-masing kecamatan, nilai BLT permakanan diberikan warga sebesar Rp 200 ribu per bulan," papar Politisi PDIP ini.

Penerima bantuan ini, kata Khusnus, adalah warga miskin yang tidak masuk dalam penerima program Kemensos berupa PKH atau BNPT.

"RT RW harus lebih peka terhadap warganya, jika mengetahui ada lansia yang hidup sendiri, agar mereka melapor ke Pemkot Surabaya. Supaya lansia ini mendapatkan perawatan yang lebih layak," jelasnya.

"Upaya ini adalah wujud menjadikan Surabaya ramah lansia, tidak hanya ramah anak," imbuh Khusnul.

Khusnul menegaskan warga yang menerima bantuan bukan penerima bansos ganda. Ia juga mewanti-wanti agar masyarakat yang berhak menerima bantuan tidak terlewat.

"Pada penyaluran tahap pertama yang dilakukan di wilayah kecamatan Pabean Cantikan berlangsung lancar, persyaratan pengambilan BLT permakanan juga cukup mudah," pungkas Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah.(*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Surabaya Komisi D Khusnul Khotimah BLT permakanan Pemkot Surabaya Bantuan Sosial