DPRD Surabaya Soroti Kualitas Seragam Siswa Gratis untuk Keluarga Miskin

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

7 September 2023 13:50 7 Sep 2023 13:50

Thumbnail DPRD Surabaya Soroti Kualitas Seragam Siswa Gratis untuk Keluarga Miskin Watermark Ketik
Khusnul Khotimah Ketua Komisi D DPRD Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kualitas seragam sekolah gratis bagi pelajar jenjang SD-SMP negeri dan swasta dari keluarga miskin (gamis) di wilayah Kota Surabaya, mendapat sorotan dari DPRD Surabaya. 

Khusnul Khotimah, Ketua Komisi D DPRD Surabaya menjelaskan seragam gratis ini diutamakan untuk siswa kelas I SD serta VII SMP yang mulai masuk tahun ajaran baru 2023/2024. 

"Komisi D telah menggelar rapat koordinasi terkait seragam, tas, dan sepatu, gratis ini dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Koperasi. Intinya soal seragam tidak ada masalah. Jika ada pertanyaan, kenapa yang untuk kelas 1 dan kelas 7 selesai dulu, karena memang sejak awal penyedia seragam mendahulukannya. Jadi tidak ada masalah,” ujar Khusnul, Kamis (7/8/2023). 

Pelajar dari keluarga miskin dan pra miskin di Surabaya ini akan mendapatkan  seragam sekolah beserta kelengkapannya. Seperti di antaranya setelan baju merah putih bagi siswa SD. Juga, seragam biru putih bagi siswa SMP. 

Khusnul berharap kualitasnya seragam dan perlengkapan sekolah melampaui ekspektasi. Ia mencontohkan sepatu, tidak hanya digunakan untuk bersekolah, tapi juga untuk olahraga dan lainnya. Jadi kualitasnya harus kuat dan bagus. 

“Saya mendapat keluhan dari para Kader Surabaya Hebat (KSH), jika kualitas sepatunya tidak sesuai harapan. Selain itu ukurannya juga banyak yang tidak sesuai. Jadi kondisi ini jangan sampai terjadi pada anak-anak kita di sekolah,” kata politisi PDIP ini. 

Meski ada beberapa kendala, Khusnul mendapat kepastian pada pertengahan September 2023 ini baik sepatu dan bisa tuntas. 

“Kabar ini cukup melegakan. Mudah-mudahan bisa sesuai target,” ucapnya. 

Untuk memantau secara langsung mengenai kualitas seragam, Komisi D akan melakukan kunjungan lapangan langsung. Mereka akan mengecek apakah barang yang dipesan sesuai dengan kebutuhan siswa. 

“Sejak awal kami memang memberikan masukan agar para UMKM yang diberdayakan itu berasal dari lingkungan sekolah. Sehingga jika ada komplain, ada solusi segera,” katanya. 

Menurut data dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya, setidaknya ada sekitar 4 ribu siswa SD negeri dan swasta sederajat yang akan menerima seragam  gratis. 

Sedangkan untuk jenjang SMP negeri dan swasta sederajat, jumlahnya sekitar 7 ribu. Seluruh penerima bantuan seragam gratis tersebut berasal dari keluarga pra miskin dan miskin. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPRD Surabaya seragam sekolah Komisi D Gamis Keluarga Miskin seragam SD