Dosen Keperawatan Unusa Beri Edukasi Pertolonganan Pertama jika Siswa Terjadi Masalah Kesehatan

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

5 Juni 2023 12:12 5 Jun 2023 12:12

Thumbnail Dosen Keperawatan Unusa Beri Edukasi Pertolonganan Pertama jika Siswa Terjadi Masalah Kesehatan Watermark Ketik
Dosen Keperawatan Unusa Priyo Mukti Pribadi Winoto memberikan pelatihan pertolongan pertama pada guru SD, Senin (5/6/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, GRESIK – Dosen Keperawatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Priyo Mukti Pribadi Winoto S.Kep. Ns., M.Kep memberikan pelatihan menangani pertolongan pertama di UPT SD Negeri 145 Gresik. Puluhan guru sekolah dasar ikut dalam pelatihan ini sebagai penguatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

"Kami berikan pelatihan bagaimana cara mengatasi jika ada siswa yang mengalami jatuh hingga patah tulang, serta beberapa tindakan pertolongan pertama jika terjadi insiden," ucap Priyo, Senin (5/6/2023).

Priyo mengatakan peran guru sangat dibutuhkan untuk memberikan pertolongan pertama sebelum tenaga kesehatan datang ke sekolah. "Sehingga masalah itu tidak semakin besar karena salah penanganan awal," bebernya.

Tidak hanya itu, untuk mengatasi berbagai macam keluhan yang terjadi para siswa membuat dosen keperawatan Unusa ini memberikan edukasi kepada guru sekolah dasar. "Mereka bisa mengatasi itu, jadi kami memberikan langkah apa yang harus dilakukan jika terjadi masalah di UKS," ucap Priyo.

Priyo berharap dengan edukasi ini guru sekolah dasar bisa memberikan pertolongan pertama pada siswa. "Ini tidak menghilangkan peran tenaga kesehatan, jadi pertolongan pertama bisa dilakukan oleh guru," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pertolongan pertama Pengabdian Masyarakat Unusa NU gresik